Program Studi Sastra Inggris Kuliah Umum

Program Studi Sastra Inggris Kuliah Umum

Prof. Salah D. Hassan, Associate Professor di Department of English at Michigan State University dan Direktur Global Studies di the Arts and Humanities Program, MSU--

Children Literature Bersama Prof. Salah D. Hassan, Michigan State University, The USA

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Children Literature (Sastra Anak) adalah salah satu Mata Kuliah di Semester 6 Jurusan Sastra Inggris yang diampuh Tira Mariana,.,M.Hum. Perkuliahan ini dihadiri tidak hanya oleh mahasiswa semester 6 tetapi juga seluruh mahasiswa Jurusan Sastra Inggris baik di Semester 2, 4 dan 6, Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan, Dr. Ali Muzakir.,M.Ag dan Sekretaris Jurusan Sastra Inggris. Kegiatan ini terlaksana atas fasilitasi dan kerjasama International Office, Sastra Inggris Fakultas Adab dan Humaniora UIN Jambi dan Global Studies, MSU. Perkuliahan minggu ini dihadiri oleh dosen tamu dari MSU, The USA, untuk mengisi perkuliahan, Prof. Salah D. Hassan yang merupakan Associate Professor di Department of English at Michigan State University dan Direktur Global Studies di the Arts and Humanities Program, MSU (19/04).

Perkuliahan kali ini bertema “Gulliver’s Travels as Children’s Literature” and “Why Gulliver’s Travels is not Children’s Literature?”. Gulliver’s Travels merupakan Karya Sastra Anak Klasik Karya Jonathan Swift’s. Diawal perkuliahan  Prof. Salah Hasan menanyakan kepada seluruh mahasiswa “Apa yang dilakukan oleh Children Literature (Sastra Anak)?” “Apa kriteria sebuah karya sastra hingga bisa disebut sebagai Sastra Anak/Children Literature?” Lalu dilanjutkan presentasi oleh Prof. Salah Hassan dengan pertanyaan apakah menurut para mahasiswa Gulliver’s Travels merupakan Karya Sastra Anak?


Program Studi Sastra Inggris Kuliah Umum --

Diakhir presentasinya Prof. Salah Hassan menjelaskan bagaimana Sastra Anak Amerika (American Literature) ditulis untuk memperkenalkan dunia kepada anak-anak Amerika melalui karya Sastra salah satunya dalam karya The Century World’s Fair Book for Boys and Girls: Being the Adventures of Harry and Philip With Their Tutor Mr. Douglass at the World’s Columbian Exposition. 1893. Dimana didalam kisah ini, banyak sekali setting dari belahan dunia yang dihadirkan  setiap cerita termasuk Indonesia, yang berjudul The Javanese Village.

Dari perkuliahan dengan Prof. Salah Hasan hari ini, diharapkan wawasan mahasiswa Jurusan Sastra Inggris lebih terbuka terkait karya sastra anak dunia secara global dan menjadi penyemangat untuk terus menggali pengetahuan terkait karya sastra-karya sastra anak. The bigness is not about your size, but more logical, beautiful dan warm heart. (uci/*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: