Elok Nian, Bukan Bromo tapi Kerinci Jambi

Elok Nian, Bukan Bromo tapi Kerinci Jambi

Taman Wisata Maro Alam Sungai Keluang menawarkan suasana hamparan pasir hitam mirip kawasan Gunung Bromo-Foto: Tangkap Layar IG @hebymichalbin_amd.kom-

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Elok Nian, coba perhatikan foto di atas, itu bukan Bromo tapi Kerinci Jambi.

 

Ya, Provinsi Jambi kini memiliki tambahan spot wisata baru yang suasananya mirip kawasan Gunung Bromo, namanya Taman Wisata Maro Alam Sungai Keluang. 

 

Taman Wisata Maro Alam Sungai Keluang berada di Kecamatan Gunung Tujuh Kabupaten Kerinci.  

 

Ciri khas Taman Wisata Maro Alam Sungai Keluang adalah terdapat hamparan pasir hitam di permukaan datar seluas hampir 30 hektar.

 

Pasir-pasir ini berasal dari banjir lahar dingin yang dimuntahkan puncak Gunung Kerinci pada Januari 2023 lalu. 

 

Menurut Kades Sungai Rumpun Herman, sebelumnya hamparan pasir hitam ini adalah sawah masyarakat.

 

Sejak bencana banjir lahar dingin, pasir hitam ini kemudian menyelimuti hamparan sawah seperti sekarang. 

 

Kemudian masyarakat berinisiatif menjadikan lokasi ini sebagai objek wisata dan dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Sungai Rumpun.

 

Suasananya memang mirip dengan suasana di kawasan objek wisata Gunung Bromo, karena menawarkan hamparan pasir hitam yang luas dan juga panorama Gunung Kerinci dari lokasi hamparan pasir. 

 

Masyarakat yang datang ke sini bisa pula mengitari kawasan menggunakan kendaraan ATV yang disewakan Bumdes.

 

Bagi yang ingin mengelilingi sungai di sekitarnya juga tersedia  perahu yang siap membawa tamu mengelilingi kawasan sekitarnya. 

 

“Khusus untuk orangtua yang membawa anak-anak juga ada tersedia beberapa wahana permainan anak-anak, seperti istana balon,” lanjut Herman lagi. 

 

Bumdes Sungai Rumpun juga menyiapkan fasilitas untuk mereka yang ingin berfoto ala-ala Korea dengan menyewakan pakaian Korea lengkap dengan pohon sakuranya. 

 

Taman Wisata Maro Alam Sungai Keluang juga telah pernah digunakan beberapa untuk beberapa event skala besar, diantaranya Camping Akbar komunitas pecinta alam.

 

Sejak diresmikan oleh Bupati Kerinci Adirozal, Bumdes Sungai Rumpun juga mulai gencar mempromosikan spot wisata yang Elok Nian ini ke masyarakat umum. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: