Ini 5 Kue Lebaran Legendaris Sudah Ada Sejak Zaman Nenek Kita Dulu, No 4 Bikin Ketagihan Tak Bisa Stop Makan

Ini 5 Kue Lebaran Legendaris Sudah Ada Sejak Zaman Nenek Kita Dulu, No 4 Bikin Ketagihan Tak Bisa Stop Makan

Kue Semprit---Foto: IG @widia_cookies21-

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Desain toples mungkin bisa saja berubah dari tahun ke tahun namun kue lebaran legendaris tetap saja ada, kue-kue itu sudah ada sejak zaman nenek kita dulu.

 

Berikut 5 Kue lebaran legendaris yang selalu ada di meja saat lebaran.

 

1. Kue Bawang

Kue bawang mungkin penampilannya sekarang telah bervariasi, namun tahukah anda, kue bawang termasuk kue legendaaris yang sudah aja sejak zaman dulu kala. 

 

Kue bawang terbuat dari tepung terigu, gilingan bawang putih dan bawang merah, garam, daun seledri, telur, santan dan minyak goreng. Kue ini sangat populer di berbagai wilayah di Indonesia. 

 


Kue Bawang---Foto: IG @cookusandisini-

 

Dulu kue bawang dicetak dengan sendok garpu, sehingga bentuknya membulat seperti keong yang berigi, dan juga dicetak dengan gunting jadi hasilnya seperti guntingan bulatan tepung. 

 

Sekarang cetakan kue bawang lebih variatif, ada yang berbentuk stick dan bentuk lainnya. Namun tetap dengan rasa yang sama. 

 

2. Kue Nastar

Zaman dulu untuk membuat kue nastar orang akan mendahuluinya dengan membuat sendiri selai nanas dengan membeli langsung buah nanas di pasar. 

 

Kue nastar memang memiliki ciri khas isi selai nanas di dalamnya. Kue ini termasuk kue lebaran legendaris karena sudah ada sejak zaman dulu di Indonesia. 

 


Kue Nastar---Foto: IG @chingyu_may-

 

Hingga sekarang kue nastar masih menjadi kue favorit keluarga. Kue nastar termasuk kue kering yang mahal karena terbuat dari bahan-bahan premium agar lembut dan tidak retak saat dioven. 

 

Kue ini berbahan dasar tepung terigu, mentega, tepung maizena, gula halus dan telur. 

 

3. Kue Semprit

Kue ini terbilang kue legend karena telah ada sejak zaman dulu. Ada juga yang menyebutnya dengan nama kue dahlia atau juga mentega karena memang terbuat dari mentega, gula pasir, telur dan resep tambahan lainnya. 

 


Kue Semprit---Foto: IG @widia_cookies21-

 

Dari waktu ke waktu bentuk kue semprit sejak zaman dulu hingga sekarang tidak banyak berubah. Bentuknya seperti kembang bunga yang ditengahnya ada hiasan coklat atau kadang warna warni lainnya. 

 

4. Kue Kembang Goyang

Kue kembang goyang konon berasal dari Betawi, ada juga yang menyebutkan kue orang Melayu dari Sumatera dan Kalimantan.

 


Kue Kembang Goyang---Foto: IG @theoranny-

 

Dari manapun asalnya Kue Kembang Goyang telah menjadi kue legend yang ada sejak zaman nenek kita dulu hingga sekarang, masih dicari jika hari lebaran datang.

 

Kue kembang goyang rasanya manis, terbuat dari tepung beras, vanili, gula pasir dan santan. Sebagian juga mencampurnya dengan biji wijen, selain menambah cita rasa juga mempermanis tampilannya. 

 

 

Makan kue kembang goyang bisa bikin ketagihan tidak bisa stop makan.  

 

5. Rempeyek

Rempeyek tak hanya ada saat Lebaran, snack satu ini juga telah ada sepanjang waktu, bahkan ada tradisi keluarga yang selalu ada rempeyek di rumahnya.

 


Kue Rempeyek---Foto: IG @koh_aming-

 

Namun saat lebaran, ketika bosan dengan kue-kue resep modern, rempeyek jadi pilihan utama karena bisa menetralkan lidah, terbuat dari bahan-bahan sederhana. 

 

Rempeyek juga beragam, ada yang kacang dan rempeyek ikan teri. Lebaran rempeyek tak hanya untuk cemilan namun juga bisa dimakan dengan lontong ketupat. 

 

Lebaran tahun ini berencana menyiapkan kue lebaran legendaris? Siapkan semuanya, bisa bikin sendiri maupun dibeli. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: