Cihuy! Mulai 15 April Bandung-Cirebon Tembus 1,5 Jam, Palembang-Prabumulih 1 Jam, Tol Dibuka Fungsional

Cihuy! Mulai 15 April Bandung-Cirebon Tembus 1,5 Jam, Palembang-Prabumulih 1 Jam, Tol Dibuka Fungsional

Jalan Tol Cisumdawu. Foto : Dok BPJT--

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Pemerintah mulai membuka jalan tol secara fungsional untuk rute Bandung-Cirebon dan Palembang-Prabumulih mulai tanggal 15 April 2023 ini.

 

Melewati tol Cisumdawu, perjalanan Bandung-Cirebon yang biasa ditempuh selama 3 jam akan lebih ringkas dan cepat menjadi 1,5 jam. Sementara perjalanan Palembang-Prabumulih bisa ditempuh lebih pendek dengan waktu 1 jam saja via Tol Simpang Indralaya-Prabumulih.

 

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat raker bersama Komisi V DPR RI membahas kesiapan infrastruktur dan transportasi mudik Lebaran tahun 2023, Selasa (4/4) mengatakan, Bandung tembus ke Cirebon ini bisa terjadi karena PUPR akan membuka fungsional Seksi 4-6 tol Cisumdawu, sementara Seksi 1-3 telah operasional lebih dulu

 

Sementara itu, ruas jala Tol Simpang Indralaya-Prabumulih juga akan akan mulai terbuka fungsional melayani pemudik pada 15 April 2023 besok. Tol sepanjang 64,5 kilometer ini merupakan bagian dari ruas tol Simpang Indralaya - Muara Enim.

 

Basuki mengatakan, untuk pengaturan lalu lintasnya akan mengikuti arahan Korlantas, apakah akan diberlakukan contraflow, one way, atau buka-tutup, mengingat dua tol ini hanya dibuka fungsional sementara selama arus mudik 2023.

 

Musim Lebaran 2023 ini, juga akan operasional sepanjang 1.716 kilometer jalan tol di Pulau Jawa, di Pulau Bali sepanjang 10,1 kilometer, dan di Pulau Sumatera sepanjang 738 kilometer jalan tol.

 

Sementara di Pulau Kalimantan akan operasi jalan tol melayani arus Lebaran 2023 yaitu Jalan Tol Balikpapan-Samarinda sepanjang 97,3 km.

 

Di Pulau Sulawesi, Jalan tol yang operasional sepanjang 61,5 km, terdiri dari Tol Ujung Pandang/Makassar Seksi 1-3 (10,1 km), Tol Makassar Seksi 4 (11,6 km) dan Tol Manado-Bitung (39,8 km). (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: