Ada 30 Prodi di UI yang Peluang Lulusnya Besar, Auto Lanjut ke Luar Negeri Tanpa Tes!

Ada 30 Prodi di UI yang Peluang Lulusnya Besar, Auto Lanjut ke Luar Negeri Tanpa Tes!

Universitas Indonesia-Foto: Dok Humas UI-

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Ada 30 program studi di UI (Universitas Indonesia) yang siap menerima mahasiswa baru 2023 dengan peluang lulusnya lebih besar melalui program pendidikan Kelas Khusus Internasional (KKI).

 

Kepala Kantor Penerimaan Mahasiswa Baru UI, Dr. Gunawan, S.T., M.T saat sosialisasi penerimaan mahasiswa baru UI mengatakan, melalui program KKI ini, peluang kelulusan siswa untuk bisa masuk UI akan semakin besar karena keketatannya yang tidak tinggi.

 

“Persentase kelulusan KKI tidak seketat yang prodi non kelas internasional,” ujar Gunawan dikutip Jambi Ekspres pada Minggu (7/4) melalui video simak.ui.ac.id

 

Ia juga mempersilakan para siswa dan orang tua memanfaatkan program ini sebagai opsi atau pilihan agar bisa kuliah dan lulus tes di UI.

 

Gunawan mencontohkan, Pendidikan Dokter program KKI UI adalah 1 banding 9, artinya untuk satu kuota direbut oleh 9 peserta tes. 

 

Berbeda dengan program non KKI, 1 kuota prodi Pendidikan Dokter bisa direbut oleh 40 hingga 60 pendaftar

 

Tahun 2023 ini program KKI UI akan menerima 846 mahasiswa untuk 30 program studi yang tersedia.

 

Diantaranya Pendidikan Dokter, Pendidikan Dokter Gigi, Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Arsitektur, Teknik Metalurgi dan Material, Teknik Kimia, Teknik Industri, Teknik Perkapalan, Teknik Bioproses

 

Dibuka juga program studi Ilmu Komputer, Psikologi, Ekonomi dan Bisnis terdiri dari Ilmu Ekonomi, Manajemen, Akuntansi dan juga Ilmu Hukum dan lainnya.

 

Lantas apa perbedaan mendasar mahasiswa program KKI UI dengan program sarjana non KKI?

 

Ternyata auto dapat kesempatan melanjutkan perkuliahan ke luar negeri di kampus-kampus mitra UI di berbagai negara, tanpa harus tes lagi.

 

1. Program KKI UI Double Degree

Double degree memberi mahasiswa dua gelar. Misalnya jika mengambil jurusan ekonomi, maka akan mendapat gelar SE dari UI dan Bachelor Degree dari kampus luar negeri, seperti BSc, BComm.

 

Mahasiswa yang kuliah akan menghabiskan masa studi normal selama 4 tahun, dimana dua tahun atau 8 semester menjalani pendidikan di UI ngampus di Depok dan dua tahun lainnya di universitas mitra luar negeri, atau 2,5 tahun di UI dan 1,5 tahun di universitas mitra luar negeri.

 

2. Program KKI UI Single Degree

Program Single Degree memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengikuti perkuliahan atau pengalaman magang di universitas mitra di luar negeri selama 1 sampai 2 semester tanpa tes lagi.

 

Di program Gelar Tunggal ini, mahasiswa hanya akan memperoleh gelar kesarjanaan dari UI, tidak ada gelar dari universitas mitra UI di luar negeri.

 

Berbagai kampus tercatat sebagai mitra UI tempat mahasiswanya melanjutkan perkuliahan di luar negeri seperti University of Melbourne, University of New South Wales, University of Queensland, University of Adelaide, Victoria University of Wellington, University of Amsterdam, Tilburg University, dan University of Birmingham dan lainnya.

 

Siapa saja yang bisa mengambil program KKI UI? diperuntukkan bagi lulusan SMA/SMK/MA/sederajat dengan batasan usia ijazah maksimal 5 tahun kelulusan pada saat pendaftaran.

 

Contohnya: pendaftaran 2023 untuk lulusan 2023, 2022, 2021, 2020, 2019. Jalur masuk program ini melalui SIMAK-KKI dengan materi ujian Social Sciences atau Natural Sciences sesuai dengan kelompok program studi yang dipilih dan jalur prestasi akademik Talent Scouting.

 

Adapun syarat lainnya Memiliki TOEFL Institusional yang disertifikasi ETS (PBT 550 atau iBT 70) atau IELTS 6. sertifikat TOEFL/IELTS di upload dalam account pendaftaran.

 

Kemudian tidak buta warna, sehat jasmani dan mental, bebas narkoba dan mengikuti ujian MMPI dan Wawancara (daring/online) hanya untuk peserta lolos seleksi tulis

 

Lantas berapa biaya kuliahnya? Bervariasi, mulai dari Rp 30 jutaan, tergantung jurusan dan juga keperluan lainnya yang harus dikeluarkan selama kuliah.

 

Pendaftaran tes UI di Kelas Khusus Internasional ini dilaksanakan melalui dua jalur. 

 

Jalur pertama yaitu melalui program Pemerataan Kesempatan Belajar (PPKB) UI yaitu pola penerimaan berdasarkan prestasi, kuotanya 423 mahasiswa. 

 

Kemudian melalui jalur SIMAK dengan kuota 423 mahasiswa.

 

Pendaftaran program KKI UI melalui SIMAK UI akan mulai dibuka lebih dulu dibanding non KKI UI yaitu mulai Mei 2023 dan tes akan dilaksanakan pada Juni 2023.

 

Untuk jadwalnya, perhatikan tabel berikut atau bisa langsung membuka situs resmi UI. (*)

 


Jadwal Pendaftaran Program KKI UI--




Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: