Penting! Mengingat Tol Trans Sumatera Bertambah Panjang, HK Himbau Pemudik Perhatikan Hal Penting Ini

Penting! Mengingat Tol Trans Sumatera Bertambah Panjang, HK Himbau Pemudik Perhatikan Hal Penting Ini

Akan ada 3 desa di Provinsi Jambi yang akan didirkan rest area jalan tol trans Sumatera-Foto: Dok Hutama Karya-

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Penting! mengingat Jalan Tol Trans Sumatera yang dikelola Hutama Karya (HK) bertambah panjang, baik yang operasional maupun yang fungsional maka Hutama Karya menghimbau pemudik Lebaran 2023 memperhatikan banyak hal penting saat mudik 2023.

 

Demikian dikatakan Koentjoro Direktur Operasi III Hutama saat Kick Off Apel Siaga Mudik Lebaran 2023 pada hari ini (Selasa (4/4)).

 

"Arus mudik dan balik tahun ini akan lebih menantang” lanjutnya. Tahun ini Hutama Karya memprediksi arus Mudik Lebaran 2023 akan mencapai 2.878.203 kendaraan, meningkat 35% jika dibanding hari normal.

 

Angka ini merupakan akumulasi volume lalu lintas dari total seluruh ruas yang dikelola oleh Hutama Karya di JTTS.

 

Hingga Februari 2023 Jalan Tol Trans Sumatera telah tersambung sepanjang 738,46 km yang terdiri atas 12 ruas tol dan masih akan terus bertambah.

 

Agar mudik menggunakan Jalan Tol Trans Sumatera semakin lancar, Hutama Karya menghimbau kepada seluruh pengguna jalan tol memperhatikan hal penting berikut:

 

1. Mematuhi ketentuan dan tata tertib yang berlaku di jalan tol agar Selamat Sampai Tujuan. Diantaranya berkendara di jalan tol minimum 60km/jam dan maksimum 100km/jam. Memberi tanda ketika berpindah jalur. Menggunakan jalur kanan untuk mendahului. Menggunakan jalur kiri untuk berjalan dalam kecepatan sedang. Bahu jalan hanya boleh digunakan dalam keadaan darurat. Jaga jarak aman dengan mobil lain, sekitar 10-20 meter. Tidak membuang sesuatu melalui jendela. Membayar tol sesuai tarif yang berlaku.

 

2. Hutama Karya juga menghimbau pengguna tol menggunakan satu kartu Uang Elektronik (UE) hanya untuk satu kendaraan serta memastikan kecukupan saldo UE sebelum memasuki gerbang tol. Apabila pengguna jalan lupa untuk mengisi saldo UE, dapat menggunakan aplikasi HK Toll Apps yang dimiliki oleh Hutama Karya dimana terdapat fitur Cek Saldo UE dan juga dapat melakukan top up saldo UE.

 

3. Segera beristirahat apabila merasa mengantuk di rest area terdekat serta untuk selalu mematuhi protokol kesehatan yang berlaku dimanapun berada.

 

4. Apabila pengguna jalan tol mengalami atau melihat tindak kejahatan yang ada di jalan tol maupun rest area agar segera melapor ke Call Centre masing-masing Cabang Tol.

 

 

Agar pelayanan Jalan Tol Trans Sumatera selama arus Lebaran 2023 ini semakin baik, berbagai strategi dan mitigasi juga telah dimatangkan Hutama Karya.

 

“Mengoptimalkan pelayanan, memastikan kondisi jalan serta memastikan fasilitas rest area nyaman,” ujar Koentjoro dalam arahannya.

 

Hutama Karya juga telah melakukan pemeliharaan rutin dan rampung pada 6 Apil 2023 ini sehingga tidak mengganggu pengguna Tol Trans Sumatera mulai 7 April 2023.

 

Pemeliharaan yang dilakukan diantaranya pengelupasan dan pelapisan kembali, serta rekonstruksi permanent sehingga kualitas jalan tol akan meningkat lebih baik lagi. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: