RS Rapha Theresia Jambi Resmikan Layanan Orthotic Prosthetic

RS Rapha Theresia Jambi Resmikan Layanan Orthotic Prosthetic

Peresmian secara simbolis oleh Direktur RS Rapha Theresia Jambi--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Rumah Sakit Rapha Theresia terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan. Kali ini dengan meresmikan layanan Ortotik Prostetik Rehabilitasi Medik, Jumat (31/03).

Layanan ini merupakan hasil kerjasama Rumah Sakit Rapha Theresia bekerjasama dengan pihak BPJS Ketenagakerjaan dan PT Orthocare. 

Layanan Orthotic Prosthetic merupakan pelayanan kesehatan alat bantu kesehatan berupa ortosis maupun prostesis untuk kesehatan fisik dan psikis berdasarkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk meningkatkan derajat kesehatan individu, kelompok dan masyarakat yang diakibatkan oleh adanya gangguan fungsi dan gerak anggota tubuh dan batang tubuh serta hilangnya bagian anggota gerak tubuh yang dapat mengakibatkan gangguan atau kelainan anatomis, fisiologi, psikologi dan sosiologi. 

"Layanan Orthotic Prosthetic merupakan layanan satu - satunya di Provinsi Jambi dan diharapkan dapat memberi manfaat yang besar bagi masyarakat," jelas dr. Marcia Marimba,MM., Direktur Utama Rumah Sakit Rapha Theresia Jambi. 

Ditambahkannya, dengan hadirnya layanan Orthotic Prosthetic di RS Rapha Theresia Jambi dapat membawa angin segar bagi masyarakat di Provinsi Jambi karena tidak lagi harus ke luar daerah untuk mendapatkan layanan Orthotic Prosthetic Rehabilitasi Medik.

Unit Rehabilitasi Medik RS Rapha Theresia sendiri merupakan unit pelayanan kesehatan terhadap gangguan fisik dan fungsional yang diakibatkan oleh keadaan atau kondisi sakit, penyakit atau cedera melalui panduan intervensi medik, keterapian fisik dan atau rehabilitatif untuk mencapai kemampuan fungsi yang optimal. Unit ini dipimpin oleh dokter spesialis Ilmu Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi dr. Patrick William Gading, Sp.KFR serta tim terapis yang bersertifikasi dan berpengalaman dalam merawat pasien dengan kondisi fisik khusus.

Adanya layanan orthotic prosthetic dalam Unit Rehabilitasi Medik ini, diharapkan pasien mendapatkan layanan yang menyeluruh yang dapat mempermudah dan mempercepat proses pemulihan pasien, serta kesiapannya untuk kembali bekerja dan menjalani aktivitas secara normal dalam masyarakat. 

Layanan orthotic prosthetic juga merupakan salah satu langkah bagi RS Rapha Theresia untuk memberikan pelayanan komprehensif dan menyeluruh bagi masyarakat Jambi Sehingga nantinya pasien baik dalam kecelakaan lalu lintas, kecelakaan kerja ataupun kondisi gangguan Kesehatan lainnya bisa mendapatkan pelayanan yang cepat dan tata laksana medis lengkap di RS Rapha Theresia.

Hal ini sejalan dengan program Return to Work dan BPJS Ketenagakerjaan yang memberikan jaminan bagi pekerja yang mengalami kecelakaan kerja, terutama bagi yang kehilangan anggota tubuh, untuk tetap dapat kembali bekerja dan menjalani kehidupan normal kembali. 

Program ini sangat positif tidak hanya bagi pekerja namun juga perusahaan dan negara karena dengan program ini pekerja yang mengalami kondisi kecacatan fisik tidak kehilangan pekerjaannya, perusahaan tidak kehilangan tenaga ahlinya serta tidak bertambahnya angka pengangguran yang akan memberikan dampak negatif bagi kondisi perekonomian. (Uci)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: