Hukum Suntik Unsulin Bagi Penderita Diabetes

Hukum Suntik Unsulin Bagi Penderita Diabetes

Dr. H. Hermanto Harun, LC, M.HI (Ketua MUI Provinsi Jambi Bidang Dakwah & Pengembangan Umat)--

Assalamualaikum pak ustad izin bertanya  Saya ada sakit gula dan disuntik insulin setiap hari. Sahkah puasa saya atau bagaimana ya ustad?

Saleh dari Simpang Rimbo

 

Walaikum salam warahmatullah

Bagi orang yang dalam kondisi sakit, maka boleh tidak puasa dan menggantikannya dihari yang lain setelah bulan ramadhan. Namun jika penyakitnya tidak mudharat jika berpuasa, maka diwajibkan berpuasa.

Adapun jika melakukan suntik insulin bagi pengidap penyakit gula, jika itu disarankan oleh para dokter yang amanah dan spesialis dibindangnya, maka suntik tidak membatalkan puasa. Akan tetapi sebaiknya dilakukan di malam hari agar puasanya lebih sempurna ..wallahualam. (kta)

 

Belum Bayar Puasa, tapi Sudah Masuk Ramadhan

Assalamualaikum pak ustadz. Saya ibu Sita di Mayang mau bertanya. Saya punya hutang puasa tahun lalu belum dibayar dan sekarang sudah masuk puasa lagi. Apa yang harus saya lakukan, apakah tetap bayar fidayah atau tetap mengganti puasanya. Terima kasih

Waalaikumsalam warahmatullahi 

Hutang puasa yang belum dikerjakan sampai datang waktu puasa ramadhan berikutnya, maka tetap harus melaksanakan qadha puasa yang telah ditinggalkan kemudian membayar fidyah sebanyak 1.5 kg beras kepada fakir miskin pada sejumlah hari puasa yang di tinggalkan. Wallahualam. (kta)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: