Sejarah Depo Plumpang, Mulai Beroperasi Tahun 1974, Sokong 15 Persen BBM Nasional

 Sejarah Depo Plumpang, Mulai Beroperasi Tahun 1974, Sokong 15 Persen BBM Nasional

Sejarah Depo Plumpang, Mulai Beroperasi Tahun 1974, Sokong 15 Persen BBM Nasional -googlemap---

Terkait rencana pembangunan fasilitas di lokasi baru, Nicke menjelaskan bahwa lokasi tersebut bukan untuk menggantikan atau memindahkan TBBM Plumpang, “Membangun terminal di lokasi baru sudah dicanangkan sejak 3 tahun lalu yang tujuannya untuk mendukung program transisi energi Pertamina, dimana membutuhkan fasilitas tambahan untuk produk-produk baru,” ungkapnya.

Nantinya di lokasi baru, Pertamina akan membangun Green Multi Purpose Terminal yang akan menjadi fasilitas pendukung bisnis Petrochemical, Ammonia, Hydrogen, Green/Sustainable Aviation Fuel, Biofuel, dan lain-lain. Multi purpose terminal ini juga akan mendukung upaya Pertamina mencapai target Net Zero Emission di tahun 2060 sebagai green terminal. 

Multi purpose terminal ini juga akan memiliki dermaga yang lebih dalam sehingga dapat menampung kapal yang lebih besar untuk mendukung rantai pasok Pertamina.

“Jadi terminal baru ini sejak dahulu sudah masuk dalam rencana jangka panjang perusahaan, bukan dibangun semata-mata karena insiden Plumpang. Nantinya terminal baru dan TBBM Plumpang akan berjalan berdampingan. TBBM Plumpang tetap beroperasi untuk storage BBM industri,” jelas Nicke seperti dikutip dari pertamina.com

Pertamina berharap dukungan seluruh stakeholder atas rencana perusahaan tersebut. Termasuk dalam hal pembuatan buffer zone di TBBM Plumpang, demi menjaga keselamatan masyarakat di sekitar lokasi. Lokasi migas Pertamina tetap memiliki risiko yang tinggi sehingga keberadaan buffer zone menjadi penting.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: