Menelan Biaya Rp 6,04 Triliun, Tol Indrapura - Kisaran Sumut Memiliki Dua Simpang Susun

Menelan Biaya Rp 6,04 Triliun, Tol Indrapura - Kisaran Sumut Memiliki Dua Simpang Susun

Proyek Jalan Tol Trans Sumatera terus dikebut pemerintah, Provinsi Riau berpeluang menjadi provinsi pertama yang akan terkoneksi proyek tol ini-Dok BPJT -

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Salah satu Jalan Tol Trans Sumatera di wilayah Sumatera Utara (Sumut) yaitu Jalan Tol Indrapura - Kisaran ditargetkan rampung pada tahun 2023. 

Menariknya, ruas tol yang dibangun dengan nilai investasi sebesar Rp 6,04 Triliun ini memiliki 2 buah Simpang Susun. Yaitu Simpang Susun Limapuluh dan Simpang Susun Kisaran.

Simpang susun atau interchange adalah persimpangan di jalan tol yang tidak sebidang. 

Dimana fungsi Simpang Susun ini sebagai akses bagi kendaraan agar dapat melakukan perpindahan dari satu jalan ke jalan lainnya tanpa harus berhenti terlebih dahulu. Simpang susun juga  sebagai akses masuk/keluar jalan tol. 

Tol Indrapura - Kisaran ini juga dilengkapi dengan dua gerbang tol. Jalan Tol Indrapura - Kisaran menghubungkan Kabupaten Batubara di sisi Utara dan Kabupaten Asahan di sisi Selatan. 

Badan Usaha Jalan Tol dalam keterangannya resminya menulis, Jalan Tol ini memiliki panjang 47,75 Kilometer yang terdiri dari 2 Seksi yaitu Seksi 1 Indrapura - Limapuluh sepanjang 15,6 Km dan Seksi 2 Lima Puluh - Kisaran sepanjang 32,15 Km.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Hutama Karya (Persero) telah melakukan percepatan penyelesaiannya hingga kini telah mencapai 79, 49 persen untuk konstruksi dan progres lahan telah mencapai 78,38%. 

Jalan Tol Indrapura - Kisaran dirancang untuk menghubungkan sentra-sentra produksi peningkatan perekonomian bagi masyarakat pada wilayah yang terkoneksikan oleh tol ini yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan khususnya dari wilayah Medan menuju Kisaran dan sekitarnya.

Selain itu kehadiran jalan Tol Indrapura - Kisaran juga ditargetkan bisa membuka peluang usaha baru di Sumatera Utara serta mempermudah akses ke berbagai destinasi wisata yang ada. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: