Prihatin, Guru Honorer SD Negeri di Kota Jambi Sudah Tiga Bulan Belum Gajian

Prihatin, Guru Honorer SD Negeri di Kota Jambi Sudah Tiga Bulan Belum Gajian

Ilustrasi - Aksi guru honorer dalam memperjuangkan nasibnya-net-

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Guru tenaga kerja kontrak (TKK) di Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Kota Jambi mengeluh karena belum menerima gaji. 

 

Gaji belum diterima sejak Januari hingga Maret 2023. Gaji guru honorer ini seharusnya dibiayai melalui APBD Kota Jambi.

 

Salah satu guru tenaga kerja kontrak (TKK) SDN Kota Jambi ketika berjumpa media ini mengaku, keterlambatan gaji tersebut menjadi keluhan semua para TKK guru SDN kota Jambi.

 

Sudah tiga bulan belum gajian," kata guru TKK SDN yang minta namanya tidak disebutkan.

 

Hal ini pun membuat sulit kehidupan para guru TKK SDN di kota Jambi karena sebagian besar hanya mengandalkan pendapatan dari bekerja sebagai guru TKK, tidak memiliki pekerjaan lain.

 

“Banyak yang tidak ada pekerjaan sampingan. Hanya fokus sebagai pendidik dan mengharapkan gaji sebagai TKK saja,” imbuhnya.

 

Yang paling disesali lagi, kondisi ini terus terjadi setiap tahunnya. 

 

“Setiap awal tahun terus seperti ini, sampai tiga bulan gaji belum dibayar. Harusnya ada evaluasi dari Dinas Pendidikan kota Jambi. Bagaimana gaji para TKK ini lebih diperhatikan. Karena ini menyangkut persoalan perut,” sebutnya.

 

Para guru TKK ini sebutnya, memang memiliki tanggung jawab sebagai tenaga pengajar dan pendidik. Disisi lain juga mempunyai kebutuhan yang harus terpenuhi. Terlebih yang sudah memiliki keluarga.

 

“Tentunya untuk makan, nafkah keluarga. Harusnya sudah ada solusi, tapi ini setiap tahun selalu terjadi. Besar harapan kami sebagai TKK guru, supaya gaji ini bisa dibayarkan setiap bulan. Tidak terlambat lagi,” sebutnya. (hfz)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: