Sri Mulyani Ngaku Masih Nyicil Kredit Rumah di Maryland Amerika, Ini Ceritanya Soal Kekayaan Rp 58 Miliar

Sri Mulyani Ngaku Masih Nyicil Kredit Rumah di Maryland Amerika, Ini Ceritanya Soal Kekayaan Rp 58 Miliar

Sri Mulyani-IG @smindrawati-

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Saat diwawancara Andy F Noya dalam program Kick Andy Double Check di Metro TV, Sri Mulyani menjelaskan tentang rumahnya di Maryland Amerika Serikat yang belakangan jadi sorotan.

Kata Sri Mulyani, hartanya sebagai Menteri Keuangan sangat fair dipertanyakan publik, itu sebabnya ia mau menjawab pertanyaan Andy terkait sumber hartanya yang dinilai besar untuk seorang Menteri Keuangan, senilai Rp 58 Miliar, tepatnya Rp 58.048.779.383.

 

Terkait rumahnya di Maryland, sebuah negara bagian di Amerika Serikat, Sri Mulyani mengaku itu dibeli saat awal ia bertugas sebagai Managing Director World Bank tahun 2010 lalu. 

 

Ketika itu ia dan suaminya Tonny Sumartono sepakat untuk membeli saja rumah dengan latar belakang kontrak kerjanya di IMF cukup panjang sebagai Managing Director

 

Dengan gaji sekitar USD 250.000 per tahun, atau sekitar 200 Juta per bulan pada tahun 2010 itu atau setara Rp 320 juta per bulan dengan nilai Rp 15.419 per USD 2023 sekarang, Sri Mulyani dan suami merasa pendapatannya itu cukup untuk membeli rumah secara kredit. 

 

Dengan bekal surat keterangan atau statement dari Human Resource Development HRD IMF,  kemudian Sri Mulyani mendapat kemudahan membeli properti di Amerika. 

 

Setelah melihat lokasi rumah yang ia inginkan, daftar harganya, serta menghitung nilai cicilan yang harus dibayar, Sri Mulyani dan suami kemudian langsung mengurus pembelian rumah di Maryland melalui sebuah bank. 

 

Besoknya ia langsung ke lawyer, tanda tangan dan rumah itu langsung menjadi miliknya. “Dengan cicilan saya bayar dari gajinya (IMF),” jelasnya lagi. 

 

Hidup di Amerika, untuk membeli rumah dan mobil kata Sri Mulyani tidak serumit yang dibayangkan masyarakat Indonesia. 

 

“Dengan employment statement dari Bank Dunia, salary-nya adalah sekian, dengan itu saya langsung di hari kedua bisa beli mobil,” kisah Sri Mulyani. 

 

Dengan bekal statement itu pula, ia bisa dengan mudah memiliki rumah, dalam seminggu bisa beres proses kepemilikan sebuah rumah.

 

Sri Mulyani mengaku membeli rumah di Maryland dengan harga USD 1,1 Juta atau sekitar 9,9 Miliar saat nilai Rp 9.000 per USD pada tahun 2010, atau setara Rp 16,9 Miliar pada tahun ini dengan asumsi nilai tukar Rp 15.419 per USD. 

 

Jika kemudian LHKPN mencatat ia memiliki utang Rp 9,9 Miliar, itu kata Sri Mulyani adalah sisa cicilan rumah di Maryland yang harus tetap ia bayar hingga sekarang.

 

Saat dipanggil kembali ke tanah air, rumah itu kata Sri Mulyani kemudian dihuni oleh anaknya yang kuliah di Amerika. 

 

Itu pula alasan ia memilih lokasi Maryland dengan pertimbangan untuk tempat tinggal anak-anaknya yang sekolah di Amerika.

 

Tak hanya soal rumahnya yang di Maryland, Sri Mulyani juga menceritakan soal asetnya yang lain. 

 

Diantaranya soal tanah di Tangerang yang merupakan warisan dari mertuanya. 

 

Kemudian Sri Mulyani juga menceritakan soal tanahnya yang ada di  Pesona Depok yang dibeli dengan cara kredit, mencicil selama 30 tahun di Bank Bali. 

 

Tanah di Depok itu dibeli saat ia masih menjadi dosen di Fakultas Ekonomi UI dan peneliti di salah satu LPM. 

 

Saat ditanya apakah ia juga punya motor gede? Sri Mulyani mengaku di rumahnya memang ada motor gede milik sang suami yang dibeli dengan harga Rp 150 Juta. 

 

Moge itu kata Sri Mulyani tidak pernah digunakan oleh suaminya Tonny Sumartono karena menyadari resiko menjadi suami dari seorang Sri Mulyani yang notabenenya adalah pejabat publik.

 

"Jadi suami anda menderita sekali punya istri seperti anda ya," celetuk Andy. "Kita sudah menikah dari 1988, kayaknya dia happy-happy aja, karena dia tau banget konsekwensi menjadi suami dari seorang Sri Mulyani," balas Sri lagi. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: