Sumber Makanan Harimau Sumatera di TNBS Membaik

 Sumber Makanan Harimau Sumatera di TNBS Membaik

Harimau Sumatera--

MUARASABAK, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Sumber makanan Harimau Sumatera di Taman Nasional Berbak Sembilang (TNBS) yang berada di Kabupaten Tanjabtim sempat hilang terserang virus, sehingga banyak Harimau Sumatera yang keluar dari habitatnya mencari makanan.

Namun, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Jambi menyebut saat ini Babi Hutan yang merupakan salah satu sumber makanannya sudah mulai membaik. 

"Sepertinya virus itu sudah mulai menurun, jadi populasi Babi Hutan sudah membaik," kata Kasi Konservasi Wilayah III BKSDA Jambi, Farid.

Menurutnya, hal itu diketahui setelah dilakukan pemantauan BKSDA di TNBS, bahwa sudah terdapat jejak kaki dari pada Babi Hutan tersebut. Tentunya dengan populasi Harimau Sumatera sekitar 27 ekor membutuhkan stok makanan yang cukup, sehingga tidak menimbulkan konflik di pemukiman warga.

"Harimau itu terbiasa mencari lokasi yang lebih tinggi saat debit air di kawasan naik ke permukaan yang lebih kering," sebutnya.

Dijelaskannya, saat ini pihak BKSDA Jambi terus melakukan pemantauan di TNBS, agar Harimau Sumatera tidak keluar untuk mencari makanan ataupun mencari lokasi yang lebih kering saat air sedang tinggi. 

"Beberapa bulan sebelumnya memang ada yang keluar, jika ada gangguan kembali kami akan melakukan upaya-upaya ke kawasan kembali," jelasnya.

Untuk diketahui, selain TNBS, sejak tahun 2022 kemarin, di Kecamatan Sadu binatang buas ini pernah menampakan diri di pemukiman warga dan memangsa hewan ternak warga setempat.

"Desa Sungai Sayang, Remau Baju Tuo, Air Hitam Laut dan Labuhan Pering sering didatangi Harimau itu," tukasnya.(lan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: