Aduh Pak Luhut, Kok Tesla Malah Mau Buka Kantor di Malaysia? Ini Jawabannya

Aduh Pak Luhut, Kok Tesla Malah Mau Buka Kantor di Malaysia? Ini Jawabannya

Presiden Joko Widodo berdiskusi dengan Elon Musk di Gedung Stargate Space X, Boca Chica, Amerika Serikat, Sabtu, 14 Mei 2022. -Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev-

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Menteri Perdagangan Internasional dan Industri Malaysia, Tengku Zafrul Aziz tiba-tiba membawa kabar gembira bagi Malaysia, katanya Tesla akan buka kantor di Malaysia!

 

“Malaysia welcomes @Tesla” begitu Zafrul menulis cuitannya di twitter. Tak hanya ucapan welcome, Zafrul juga mengatakan bahwa Tesla akan membuka kantor di negeri mereka.

 

@MITIMAlaysia telah menyetujui aplikasi Tesla untuk mengimpor BEV ke Malaysia. Tesla akan mendirikan Kantor Pusat, Pusat Pengalaman & Layanan Tesla, dan Jaringan Supercharger,” lanjut Zafrul lagi. 

 

Kabar ini tentu saja bikin kaget Indonesia. Bagaimana tidak, bukankah belakangan Indonesia yang gencar PDKT (Pendekatan) dengan Tesla? Kok malah jadi buka kantor di Malaysia?

 

Terkait pertanyaan ini, Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi ternyata punya jawabannya sendiri. 

 

“Kan kantor dimana aja boleh dibangun,” begitu kata Luhut dikutip Jambi Ekspres Sabtu (5/3). Luhut sepertinya menanggapi cukup santai rencana Tesla itu dan mengaku tak begitu mempermasalahkan cuitan Tengku Zafrul Aziz. 

 

“Kita masih tetap lah (optimis), masa enggak,” lanjutnya lagi. Luhut mengatakan, ia baru akan memberikan keterangan lebih lanjut apabila insentif mobil listrik telah mengerucut, bisa minggu ini atau pekan depan. 

 

Seperti kita ketahui, Pemerintah Indonesia berencana menawarkan insentif untuk perusahaan milik Elon Musk itu jika melakukan kegiatan bisnis di Indonesia. 

 

Insentif yang ditawarkan berupa keringanan pajak, konsesi penambangan nikel hingga skema subsidi pembelian mobil listrik.

 

Rayuan untuk Tesla ini sebenarnya sudah cukup lama dilakukan pemerintah Indonesia, bahkan sejak tahun 2020 Presiden Jokowi telah dua kali melakukan diskusi serius dengan CEO Tesla Elon Musk. 

 

Pertemuan pertama Jokowi menemui langsung Elon Musk di Texas tahun 2022.

 

“Ya, ini tindak lanjut perintah saya kepada Menteri Koordinator (Bidang Kemaritiman dan) Investasi untuk berbicara dengan Elon (Musk) mengenai investasi, mengenai teknologi, mengenai inovasi. Dan sekarang saya ke sini dan bertemu langsung dengan Elon untuk mendiskusikan kerja sama yang akan datang,” kata Jokowi di Texas 14 Mei 2022 lalu. 

 

Kemudian rayuan kedua, dikutip dari Reuters, Presiden Jokowi juga pernah melakukan komunikasi langsung dengan Elon Musk melalui sambungan telepon, masih terkait investasi di Indonesia. 

 

Saat ini, Tesla merupakan perusahaan yang memang sedang fokus memenuhi target 20 juta kendaraan listrik hingga tahun 2030. 

 

Tak hanya Indonesia, beberapa negara lain juga getol menggaet Tesla untuk berinvestasi di negaranya, seperti Korea Selatan, Meksiko, Kanada, termasuk negara tetangga Malaysia. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: