47 Mahasiswa dari 13 PTN Wilayah Barat Indonesia Kuliah Pertukaran PERMATA-SARI di Unja

47 Mahasiswa dari 13 PTN Wilayah Barat Indonesia Kuliah Pertukaran PERMATA-SARI di Unja

47 Mahasiswa dari 13 PTN Wilayah Barat Indonesia Kuliah Pertukaran PERMATA-SARI di Unja--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Universitas Jambi (UNJA) pada semester genap TA 2022/2023 ini menerima sebanyak 47 mahasiswa inbound program Pertukaran Mahasiswa Tanah Air Nusantara – Sistem Alih Kredit (PERMATA-SARI) antar PTN di Seluruh Indonesia Wilayah Barat.

PERMATA-SARI sendiri merupakan program pertukaran mahasiswa dimana setiap PTN dapat mengirim dan menerima mahasiswa dari dan ke PTN lainnya di Indonesia Wilayah Barat, untuk menempuh perkuliahan baik pada program studi yang sama, maupun pada program studi berbeda selama satu semester penuh, guna mendukung program Merdeka Belajar & Kampus Merdeka Kemendikbud R.I. Pada semester genap TA 2022/2023 sebanyak 37 PTN BKS BARAT mengikuti program PERMATA-SARI, dengan UNJA menjadi salah satunya.

Pelaksanaan perkuliahan dimulai berbeda-beda untuk setiap PTN, dengan mengikuti kalender akademik masing-masing PTN. Metode perkuliahannya dilaksanakan secara blended learning di kelas yang mahasiswa pilih dengan skema kuliah daring (online) dari kota asal masing-masing mahasiswa. Hal ini bertujuan agar para mahasiswa bisa mengambil mata kuliah di berbagai PTN, bukan hanya di 1 kampus saja.

Adapun rincian 47 mahasiswa inbound yang diterima UNJA berasal dari 13 PTN BKS BARAT yaitu Universitas Malikussaleh (2 orang), Universitas Samudra (3 orang), Universitas Negeri Medan (1 orang), Universitas Riau (1 orang), Universitas Maritim Raja Ali Haji (5 orang), ISI Padang Panjang (1 orang), Universitas Bangka Belitung (3 orang), Institut Teknologi Sumatera (3 orang), Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (2 orang), UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (11 orang), Universitas Negeri Jakarta (6 orang), Institut Pertanian Bogor (6 orang) dan Universitas Palangka Raya (2 orang). Selanjutnya para mahasiswa inbound tersebut akan kuliah di 21 program studi di UNJA yang telah mereka pilih. 

Koordinator Pusat Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) UNJA, Sri Winarni, S.Pd., M.Pd. menjelaskan bahwa, ini merupakan bentuk kerja sama yang dicanangkan para Wakil Rektor Bidang Akademik dari PTN Wilayah Barat.

“Sekarang itu Universitas Jambi menerima mahasiswa Program PERMATA-SARI dari berbagai PTN Wilayah Barat Indonesia. Ini adalah salah satu program MBKM yaitu Pertukaran Mahasiswa Merdeka secara mandiri, hasil dari program kerja sama antara para Wakil Rektor 1 (bidang akademik) yang ada di PTN wilayah Barat dengan mengadakan pertukaran mahasiswa antar PTN,” ujarnya. (*/kar)

Kunjungi : www.unja.ac.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: