Sosok Yunsak El Halcon Dibalik Iconiknya Mahligai 9

Sosok Yunsak El Halcon Dibalik Iconiknya Mahligai 9

Dirut Bank Jambi Dr. H. Yunsak El Halcon, S.H.,M.Si yang akrab disapa Bang E--

Oleh : Dr. Noviardi Ferzi*

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Kawasan Telanaipura tak lagi sama, khususnya di Simpang BI. Sejak dua tahun lalu persimpangan paling strategis di Kota Jambi itu berdiri kantor pusat Bank Jambi gedung Mahligai 9.

Berdiri setinggi 12 lantai dengan ketinggian +/- 60 Meter, gedung itu terlihat iconik dengan logo mahligai yang indah terlihat dari kejauhan. Saat ini gedung mahligai 9 merupakan gedung paling tinggi di Provinsi Jambi.

Siapa sangka, dibalik kemegahan Mahligai 9 ada peran Dr. H. Yunsak El Halcon, SH, M.Si sang Direktur utama yang menggagas serta mengusahakan pembangunan gedung perkantoran tersebut. 

Nama Yunsak El Halcon dikenal luas  berbagai kalangan di Provinsi Jambi, bukan saja dunia perbankan tapi secara sosial politik dan ekonomi lokal. Alumni Fakultas Hukum Universitas Jambi ini sontak meroket ketika kinerja Bank Jambi yang dipimpinnya meroket kinerjanya, baik dari segi laba dan indikator lainnya. Publik menilai El Halcon sebagai sosok yang berprestasi. 

Persepsi positif pada diri El Halcon makin kuat ketika Bank kebanggaan Jambi ini mampu membangun Gedung Mahligai 9 yang ikonik menjadi land mark lawasan baru menjulang di kawasan Telanaipura.

Mahligai 9 merupakan perkantoran megah yang pretesius. Tak banyak institusi mampu membangun gedung semegah mahligai 9 secara mandiri mengandalkan dana internal, bukan bantuan pemerintah dari APBD seperti kebanyakan proyek fisik daerah pada umumnya.

Satu hal yang membanggakan, pembangunan mahligai 9 mengusung konsep green building, merupakan suatu kebanggaan untuk daerah, bahwa Bank Jambi memiliki konsep green building, di saat bank-bank besar (BUMN & swasta) baru akan beralih ke konsep green building. 

Konsep ini sebagai dukungan Bank Jambi terhadap program SDGs (Sustainable Development Goals) dan harapannya ke depan gedung ini bisa menjadi salah satu Icon Provinsi Jambi.

Di bangunnya Gedung Mahligai dapat menunjukan kemajuan peradaban dan kesejahteraan masyarakat Jambi serta mampu menujukan eksistensinya dalam mendorong perekonomian daerah sebagai Bank Pembangunan Daerah di Provinsi Jambi. 

Dunia perbankan merupakan sumber kepemimpinan handal yang profesional. Kita sebut acak saja, dimulai dari Ignatius Jonan, orang Bank yang mampu mentransformasi dunia perkereta apian di Indonesia, lalu ada Zulkifli Zaini Dirut Bank Mandiri yang diminta membenahi PLN. 

Bahkan yang cukup heboh, ketika Presiden Jokowi menunjuk Budi Gunadi Sadikin seorang Bankir untuk memimpin Kementerian Kesehatan disaat Pandemi Covid 19. Di dunia politik kita mencatat ada Aminullah Usman Walikota Banda Aceh yang juga pernah menjadi Direktur Utama Bank Aceh. 

Hari ini, nama El Halcon dinilai bukan Bankir biasa, ia bankir yang gaul, luwes, tegas dan profesional. Ditangannya, birokrasi bank yang kaku terasa mencair, beda dengan beberapa pejabat publik yang kaku dengan jabatannya, nyaman dengan dunianya, terisolasi dengan birokrasinya.

Sejatinya pria yang dekat dengan semua kalangan teman - teman pers, aktivis, pejabat, politisi dan mahasiswa. Meski seorang Dirut, El Hacon tetap senang menjalani diskusi tentang banyak hal baik itu ekonomi, kuliner ataupun sepakbola kegemarannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: