Menegangkan! Ini Detik-Detik Evakuasi Kapolda Gunakan Stretcher, Berikut Penjelaskan Danrem 042

Menegangkan! Ini Detik-Detik Evakuasi Kapolda Gunakan Stretcher, Berikut Penjelaskan Danrem 042

Detik-detik evakuasi Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono oleh TNI AU di hutan Tamiai Kerinci--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID-Detik-detik evakuasi Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono dari lokasi pendaratan darurat helikopter Bell 412 SP di kawasan hutan Tamiai, betul-betul menegangkan.

Dari video yang berseliweran di lini masa, terlihat saat Kapolda ditarik ke pesawat menggunakan hoist dengan posisi Kapolda berbaring di stretcher, ada salah seorang anggota TNI yang bergelantungan di stretcher tersebut.

Belakangan diketahui, anggota TNI itu adalah Kopda Ahmad Novrizal, anggota TNI AU yang berdinas di Batalyon Komando 462 Kopasgat Pekanbaru.

Dalam video, Kopda Ahmad Novrizal bergelantungan stretcher dari bawah hingga sampai ke helikopter. Perputaran stretcher itu pun sangat kencang, semakin ke atas, semakin kencang, hingga berhenti ketika Kapolda sampai di dalam helikopter.

Kenapa harus dipegang?

Ternyata, dari keterangan Danrem 042 Garuda Putih Jambi, evakuasi menggunakan stretcher ke helikopter memang beresiko tinggi. Jadi harus ada tandem yang memegangi dari bawah.

‘’Itu sangat beresiko. Pak Kapolda kan berbaring, beliau tidak bisa duduk, sehingga harus ditarik menggunakan stretcher yang bisa muat ke Super Puma. Harus ada tandem (yang memegangi, red), kalau tidak, bisa terlempar ke luar,’’ jelas Danrem.

Anggota TNI AU dari Kopasgat yang melakukan itu merupakan orang pilihan yang sudah terbiasa melakukan evakuasi di medan-medan berat.

‘’Mereka sudah punya pengalaman dan sudah terbiasa dengan hal-hal seperti itu. Ini orang-orang pilihan,’’ jelas Danrem. (pin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: