Sudah Sore, Evakuasi Kapolda Jambi Belum juga Dilakukan, Helikopter Hanya Berputar-putar

Sudah Sore, Evakuasi Kapolda Jambi Belum juga Dilakukan, Helikopter Hanya Berputar-putar

Kombes Pol M El Yandiko Direktur Rumah Sakit Bhayangkara memberi keterangan pers. Foto : Rio/JE--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Hingga pukul 15:00 proses evakuasi 8 orang dalam rombongan Kapolda Jambi yang mengalami kecelakaan helikopter belum bisa juga dilakukan. 

 

Hal ini terjadi karena cuaca di lokasi kejadian masih berkabut sehingga proses evakuasi jalur udara menggunakan helikopter sulit dilakukan. 

 

Beberapa kali helikopter evakuasi coba mendekati titik kejadian, namun kembali gagal dan hanya berputar-putar lalu terpaksa kembali lagi, mendarat di Bangko Merangin.

 

Jika sore ini tak juga berhasil maka proses evakuasi terancam dilakukan dalam kondisi gelap, atau apabila cuaca masih tak bersahabat, evakusi bisa-bisa diundur. 

 

Apakah evaluasi bisa dilakukan jalur darat? kata Kombes Pol M El Yandiko, Direktur Rumah Sakit Bhayangkara, evakuasi harus tetap membutuhkan jalur udara karena kondisi medan yang rumit, dipenuhi hutan bersemak dan lereng perbukitan. 

 

Adapun kecelakaan terjadi hari Minggu (19/2) pukul 11:05 di Hutan Tamiai Kerinci. 

 

Ketika itu Kapolda bertolak dari Jambi pukul 09.25 kemudian diterima laporan pukul 11;05 mendarat darurat di koordinat lokasi hutan Tamiai Kecamatan Batang Merangin Kabupaten Kerinci. 

 

Tak lama kemudian, pukul 13:00 tim evakuasi jalur darat yang dipimpin Kapolres Kerinci memulai pencarian dengan berjalan kaki dari pintu rimba. 

 

Sore hari tim evakuasi jalur udara menggunakan helikopter dari Polda Sumsel dan Heli milik PT WKS mencoba menyusuri lokasi namun gagal menemukan titik kejadian karena cuaca berkabut. 

 

Kemudian Senin (20/2) pukul 10:00 tim evakuasi jalur darat sampai duluan di lokasi kejadian. Sebelumnya pukul 06.50 tim evakuasi udara menemukan titik lokasi dari jalur udara. 

 

Tim gabungan evakuasi jalur udara sempat gagal turunkan personil dan kembali ke bandara Jambi. Dan pukul 13:14 WIB, tim gabungan  Brimob, Basarnas dan Biddokkes akhirnya berhasil juga turun dari heli ke titik kejadian. 

 

Kabid Humas Polda Jambi Kombes pol Mulia Priato mengatakan, tim evakuasi jalur udara sudah memberikan pertolongan medis kepada bapak Kapolda Jambi dan rombongan, namun para korban belum bisa dievakuasi karena cuaca sedang berkabut.

 

"Sekarang tim sedang memberikan pertolongan kepada bapak dan rombongan,namun kita belum bisa lakukan evakuasi karena jarak pandang yang tidak memungkinkan,"jelasnya.

 

Ditambahkan Mulia, dua helikopter sudah mencoba melakukan evakuasi , namun helikopter hanya berputar -putar dan kembali ke Merangin.

 

"Saat ini kita sedang menunggu situasi, mudah-mudahan ada peluang Kita langsung masuk lagi untuk melakukan evakuasi," tambahnya.

 

Diketahui, Kapolda Jambi dan rombongan akan dievakuasi menggunakan helikopter dari Polda Sumsel dan Baharkam Polri. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: