Dari Tokoh Hingga Politisi Lirik Kursi Ketua NasDem Kerinci

Dari Tokoh Hingga Politisi Lirik Kursi Ketua NasDem Kerinci

--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID- JAMBI- Tampuk pimpinan partai Nasional Demokrat (NasDem) Kabupaten Kerinci saat ini ramai dilirik tokoh hingga politisi. Ini karena kursi Ketua DPD saat ini dalam proses pergantian menyusul ditetapkannya Edmon sebagai tersangka kasus suap RAPBD Provinsi Jambi tahun 2017-2018.

Dari informasi yang dihimpun, sejumlah tokoh disebut-sebut  tengah mendekati partai besutan Surya Paloh tersebut. Ada nama Haji Mardin, pengusaha sukses yang sebelumnya pernah maju sebagai calon wakil bupati kerinci pada Pilkada 2014 lalu.

Haji Mardin kala itu berpasangan dengan Dasra yang merupakan mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kerinci lewat jalur perseorangan. Meski tak beruntung, Haji Mardin sempat mencuri perhatian karena mampu mengungguli dua calon lainnya yang maju lewat jalur partai politik.

Ada juga nama Dodo Harianto, Sekretaris DPD NasDem Kabupaten Kerinci. Kemudian Jondriadi, mantan anggota DPRD Kabupaten Kerinci periode 2014-2019. Terkahir ada nama Jumadi Armanto, politisi NasDem yang saat ini menjabat sebagai anggota DPRD Kabupaten Kerinci. 

Korwil DPW NasDem Provinsi Jambi, Salman Alfarisi tidak menampik ada beberapa tokoh dan politisi yang menjajaki Ketua DPD NasDem Kerinci. Bahkan diantaranya sudah melakukan komunikasi dan menyampaikan niatannya. “Iya, sudah ada yang komunikasi dan menyampaikan niatannya agar bisa diberikan terlibat membesarkan NasDem,” ujarnya, Kamis (16/2/2023). 

Hanya saja pria yang akrab disapa Haji Salman ini enggan membeberkan siapa saja nama-nama yang melakukan komunikasi tersebut. Menurutnya, beberapa tokoh itu tidak jauh dari nama-nama yang beredar dipublik saat ini. “Tidak jauh dari nama-nama yang beredar itu. Ada dari internal dan eksternal,” bebernya.

Haji Salman menyebutkan, bahwa NasDem merupakan partai terbuka.  Sehingga siapapun mendapatkan kesempatan yang sama untuk bergabung dan memesarkan NasDem.

“Kita ini partai terbuka. Jadi siapapun punya kesempatan untuk membesarkan partai sejuah memenuhi kreteria dan memiliki komitmen yang tinggi,” katanya.

Lantas bagaimana proses penentuan Ketua DPD NasDem Kerinci? Ketua PRSI Provinsi Jambi ini menyebutkan bahwa ada beberapa makanisme yang dilewati. Prosesnya melawati DPW NasDem Provinsi Jambi yang nantinya akan diusulkan ketingkat pusat. “Ada makanismenya. Semuanya diatur dalam AD/ART dan peraturan organisi partai,” pungkasnya.  (aiz)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: