Mantap!, Harga BBM Turun Rp 460/Liter, Ini Penyebab Rem Blong, Cek Harga Baru BBM per 14 Februari 2023

Mantap!, Harga BBM Turun Rp 460/Liter, Ini Penyebab Rem Blong, Cek Harga Baru BBM per 14 Februari 2023

Mobil antri mengisi BBM di salah SPBU di Kota Jambi-Dona PIscesika Jambi Ekspres-

Penyebab Rem Blong

Rem berfungsi sebagai sistem keselamatan dan harus bekerja maksimal saat digunakan. Terdapat lima hal yang menyebabkan rem blong yang akan dibahas.

Sebetulnya hal ini dapat dihindari jika Anda selalu melakukan pengecekan sebelum menggunakan kendaraan Anda.

Tapi ketika kendaraan jarang digunakan atau jarang diservice berkala secara rutin, maka hanya menunggu waktu masalah rem akan muncul. Berikut ini adalah penyebabnya seperti dikutip dari mypertamina.id

1. Kualitas Minyak Rem yang Buruk

Penyebab selanjutnya adalah kualitas minyak rem yang buruk. Terdapat banyak merek minyak rem yang tersedia. Hal ini menyebabkan kualitas dari minyak rem berbeda-beda. Sehingga Anda harus memilih untuk menggunakan merek minyak rem yang memiliki kualitas baik. Jika Anda menggunakan minyak rem yang memiliki kualitas buruk, maka akan mempengaruhi suhu pada saat melakukan pengereman. Jika suhunya tinggi melebihi batas wajar, maka akan menyebabkan masalah rem blong ini.

2. Kurangnya Minyak Rem

Hal pertama yang menyebabkan rem blong adalah kurangnya minyak rem. Hal ini menyebabkan sistem pengereman pada kendaraan menjadi sulit untuk dikontrol. Jika hal ini terjadi, maka saat kendaraan melaju dan ingin berhenti rem tidak dapat bekerja secara maksimal. Kendaraan akan sulit untuk berhenti, sehingga akan menyebabkan kecelakaan. Oleh karena itu, Anda harus melakukan pengecekan minyak rem pada kendaraan sebelum digunakan.

3. Sering Menginjak Pedal Rem Terlalu Lama

Kebiasaan menginjak rem terlalu lama saat mengerem akan menyebabkan blong. Hal ini muncul karena terdapat gaya gesek antara pedal dengan kaki secara terus menerus. Sehingga menyebabkan kaliper menjadi panas dalam jangka waktu yang lama. Kaliper yang terus panas menyebabkan rem mengalami masalah sehingga akhirnya menyebabkan blong.

4. Dipengaruhi Uap Air

Uap air dapat menyebabkan rem blok. Hal ini disebabkan saat ada udara yang masuk ke dalam sistem pengereman, maka akan menyebabkan munculnya uap air. Uap air ini disebabkan karena adanya proses oksidasi. Namun, uap air ini dapat menyebabkan gangguan pada sistem pengereman. Jika hal ini dibiarkan terus menerus, maka uap air akan menyebabkan minyak rem terasa panas.

Saat minyak rem terasa panas, maka akan menyebabkan gangguan pada sistem pengereman. Sehingga tekanan yang berada di dalam sistem pengereman akan menurun yang menyebabkan rem menjadi tidak dapat berfungsi secara maksimal.

5. Jarang Dirawat

Seperti yang telah dijelaskan di atas, jarang merawat sistem pengereman juga mampu menyebabkan masalah blong. Perawatan sistem pengereman memang tidak boleh terlewatkan. Fitur dari komponen ini sangatlah penting dalam menjaga keselamatan diri Anda beserta keluarga selama berkendara. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: