Ada Satu Formasi CPNS 2023 yang Bakal Mengancam PNS Lama, Siap-siap Posisi Tersingkir

Ada Satu Formasi CPNS 2023 yang Bakal Mengancam PNS Lama, Siap-siap Posisi Tersingkir

Ilustrasi ujian tes CPNS. Foto : Dok kominfo.go.id--

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Penerimaan CPNS 2023 bakal memberi dampak bagi PNS lama yang lebih dulu bekerja, siap-siap tersingkir. 

 

Abdullah Azwar Anas, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN dan RB) mengatakan, ada satu formasi CPNS 2023 yang akan diterima, dan bisa berdampak pada PNS lama dengan jabatan tertentu. 

 

Formasi CPNS 2023 itu adalah bidang digital. Dalam keterangan resminya,  Azwar Anas mengatakan pemerintah telah melakukan analisis jabatan, mana saja nanti jabatan yang akan terdampak akibat perkembangan dunia digital. 

 

Jika nanti formasi CPNS 2023 bidang digital ini direkrut, maka akan ada jabatan tertentu yang akan terdampak. 

 

Pemerintah kata Azwar Anas memang akan memberi peluang bagi mereka yang berbakat dan bertalenta di bidang dunia digital.

 

Perekrutan formasi bidang digital kata Azwar Anas seiring pula dengan transformasi digitalisasi yang terus digaungkan pemerintah.

 

Kini pemerintah juga sedang fokus menerapkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). 

 

SPBE memang bertujuan untuk untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang lebih bersih, efektif, kian transparan, dan akuntabel.

SPBE juga akan membuat beberapa jabatan sudah tak diperlukan lagi karena bisa dilakukan oleh SDM yang ahli bidang digital. 

 

Mengingat  dunia digital berubah sangat cepat, pemerintah pun katanya akan beradaptasi dengan cepat. “Karena dunia digital ini berubah sangat cepat, pemerintah pun harus cepat adaptasi agar tidak tergerus zaman,” jelas Menteri Anas lagi. 

 

Meski belum mengumumkan formasi CPNS 2023 secara resmi, namun Menpan telah membocorkan beberapa formasi CPNS yang akan diterima tahun 2023 ini. 

 

Pemerintah dalam formasi CPNS 2023 masih fokus pada tenaga kesehatan dan pendidikan. 

 

Selain itu juga akan menerima banyak SDM  hakim, jaksa, dosen, dan tenaga teknis tertentu lainnya.

 

Tahun 2023 ini, formasi CPNS 2023 akan mengarah pada 4 kebijakan. 

 

Kebijakan pertama yaitu fokus pada pelayanan dasar. Kedua membuka kesempatan untuk SDM talenta digital, kemudian merekrut CASN sangat selektif dan keempat mengurangi rekrutmen jabatan yang terdampak akibat transformasi digital. 

 

Kapan jadwal pendaftaran CPNS 2023? rencananya akan mulai buka Juni 2023.

 

Tak hanya CPNS, tapi juga akan dilakukan perekrutan PPPK.

 

Alex Denni, Deputi Bidang SDM Aparatur Kemenpan RB mengatakan perekrutan CPNS akan dilakukan jika rekrutmen PPPK tenaga teknis selesai pada Juni 2023. 

 

Kesiapan tes CPNS 2023 juga telah berproses. Bahkan soal-soal tes seleksi juga mulai disusun. Beberapa kementerian telah selesai membuat soal-soal ujian seperti Kemenkes dan BPK.

 

Walaupun tahun 2023 pemerintah akan menargetkan penuntasan THK II non ASN, Alezx memastikan tahun ini akan tetap ada perekrutan CPNS dan PPPK. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: