Tips Cara Hemat BBM, Harga BBM Turun Rp 2.150/Liter, Ini Daftar Harga Baru Pertalite-Pertamax 22 Januari 2023

Tips Cara Hemat BBM, Harga BBM Turun Rp 2.150/Liter, Ini Daftar Harga Baru Pertalite-Pertamax 22 Januari 2023

Efek jangan sering gonta-ganti BBM di kendaraan-mypertamina.id-

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID-Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) sudah mengalami penurunan.

Agar lebih irit menggunakan BBM, di artikel ini ada tips khusus cara Hemat BBM dalam penggunaan sehari-hari seperti yang dikutip dari mypertamina.id

Penggunaan BBM masih menjadi komoditas penting untuk pemilik mobil maupun sepeda motor.

Oleh karena itu hemat BBM menjadi vital, karena jika tidak hemat BBM dalam penggunaan sehari-hari maka biaya yang dikeluarkan akan cukup tinggi.

Ada kendaraan yang sudah dilengkapi dengan teknologi untuk irit BBM, tapi hal itu saja tidak cukup untuk membuat BBM lebih hemat. Perlu perilaku mengemudi yang lebih efisien agar hemat BBM dalam penggunaannya. Berikut ini adalah tips untuk hemat BBM.

1. Hindari Mengemudi Secara Agresif

Cara yang pertama adalah dengan cara hindari mengemudi secara agresif atau ngebut. Mengemudi secara cepat dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain. Selain membahayakan diri sendiri dan orang lain, hal tersebut dapat menyebabkan konsumsi BBM menjadi lebih boros.

Mobil yang berakselerasi cepat, ngebut dan sering mengerem ternyata memakan banyak bahan bakar. Praktik mengemudi yang sesuai dapat mengurangi efisiensi bahan bakar sebanyak 33% di jalan raya dan mengemudi di dalam kota.

2. Batasi Penggunaan AC Saat Mengemudi

Sudah diketahui banyak orang, bahwa mengemudi mobil dengan kondisi AC menyala membuat kinerja dari mesin menjadi lebih berat sehingga konsumsi BBM menjadi lebih boros. Untuk menghemat penggunaan BBM seharusnya pengendara dapat membatasi atau meminimalkan penggunaan AC atau mengatur besar dari suhu AC sesuai kondisi.

3. Memastikan Tutup Tangki Terpasang dengan Benar dan Kencang

Sebagai pengendara pastinya sering melakukan pengisian bahan bakar. Setelah melakukan pengisian harus lebih memperhatikan penutup dari tutup tangki terlebih setelah melakukan pengisian bahan bakar. Mengutip Carsdirect, diperkirakan terdapat 147 juta galon gas yang hilang karena penguapan.

4. Mengurangi Berat

Sebaiknya singkirkan barang-barang yang tidak diperlukan dalam bagasi atau dalam mobil. Beban mobil dapat membuat tidak efisien mengurangi efisiensi bahan bakar dan karenanya mengurangi jarak tempuh juga. Berdasarkan Carsdirect, untuk setiap 45 kg di dalam kendaraan dapat penghematan bahan bakar mobil sekitar satu atau dua persen.

Sumber: