Tanaman obat herbal untuk kesehatan

Tanaman obat herbal untuk kesehatan

Laduna Oktaviani mahasiswa Prodi Farmasi STIKES Harapan Ibu Jambi--

Oleh : laduna Oktaviani, Apt. Santi Perawati, M. Farm dan Mukhlis Sanuddin, M. Sci  dari Program Studi Farmasi STIKES Harapan Ibu Jambi

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Manfaat tanaman obat biasanya digunakan sebagai salah satu cara dalam menangani masalah kesehatan,  baik dikarenakan bakteri, kuman, virus, ataupun lainnya.  Salah satunya seperti penyakit diare dimana tubuh kehilangan banyak cairan Dan elektrolit. Diare ini terjadi biasanya disebabkan oleh bakteri Escherichia Coli.  Seperti Yang sudah saya teliti sebelumnya terjadinya diare biasanya disebabkan karena faktor lingkungan,  faktor individual,  ataupun faktor perilaku, 

Pada faktor lingkungan biasanya disebabkan oleh kualitas air yang kurang bersih, faktor individu seperti manultrusi,  Dan pada faktor perilaku seperti sanitasi Dan kehigenisan makanan,  contohnya tidak mencuci tangan sebelum mkan,  Dan tidak mencuci alat makan sesudah digunakan.

"Untuk mengatasi masalah kesehatan dilakukan nya penelitian mengenai tanaman obat suku anak dalam Yang bermanfaat untuk pengobatan seperti tanaman sekubang Dan tanaman Bodhi (Homalanthus Populneus (Geiseler) pax) Yang  bermanfaat untuk mengobati diare," kata laduna Oktaviani mahasiswi STIKES Harapan Ibu Jambi kemarin (18/1).

Adapun tanaman lain yang bermanfaat untuk pengobatan seperti tanaman pasak bumi untuk malaria,  keduduk untuk sakit gigi,  lekupang musang untuk demam,  Dan bagian tanaman Yang biasa dimanfaatkan untuk pengobatan seperti daun, bunga,  batang,  kulit batang,  Dan akar, biasanya sering diolah dengan cara direbus,  dikunyah,  dijadikan lalapan ataupun lainnya.

"Dari tanaman yang sudah diteliti diatas semoga dapat menambah ilmu pengetahuan pada masyarakat mengenai khasiat,  manfaat dan kegunaannya untuk pengobatan, yang mudah didapatkan atau Yang kita temui dihutan maupun diperkarangan rumah untuk berbagai pengobatan seperti obat batuk,  demam,  diabetes dan lainnya," tandasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: