Dalam Hitungan Detik Bisa Ciptakan Pantun - Ananda Nur Aulia Runner Up Duta Fazzio Jambi

Dalam Hitungan Detik Bisa Ciptakan Pantun - Ananda Nur Aulia Runner Up Duta Fazzio Jambi

Ananda Nur Aulia, Runner Up 1 Duta Fazzio Jambi 2022/2023--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Batanghari tenang airnya, Airnya tenang, bagus pula tempatnya. Motor Fazzio canggih mesinnya, produk Yamaha pastinya. 

Begitu salah satu penggalan pantun ciptaan Ananda yang dibuat dalam hitungan detik saja. 

Nama lengkap gadis manis ini adalah Ananda Nur Aulia. Ananda merupakan juara 2 atau Runner Up 1 Duta Fazzio Provinsi Jambi 2022. 

Gadis yang sekolah di SMAN 1 Tanjung Jabung Timur ini memiliki kemampuan yang cukup unik yang mungkin tak banyak orang memilikinya. 

Ananda sangat mahir menciptakan pantun. Saat tes wawancara akhir dalam pemilihan Duta Fazzio Provinsi Jambi 2022, tim juri pun dibuat terkesima. 

Ia bisa dengan mudah menciptakan pantun sesuai tema yang diminta oleh tim juri. 

Selidik punya selidik, Ananda ternyata pernah mencetak prestasi dalam bidang pantun. 

Ia pernah menjadi grand finalis Berpantun Melayu Tingkat Nasional tahun 2018 lalu setelah sebelumnya menjadi juara 2 berpantun Provinsi Jambi.

 

Sebagai sosok gadis yang lahir dan besar di tanah Melayu di Tanjung Jabung Timur, Ananda mengaku sangat mencintai khazanah lisan Melayu ini. 

Kekagumannya pada pantun karena pantun syarat akan kalimat indah yang praktis dan sangat tepat sasaran untuk menyampaikan informasi tertentu. 

Sebagai anak kekinian yang lahir di era serba digital, Ananda mengaku tidak malu membudayakan pantun dalam keseharian. 

“Malah bangga karena pantun juga bagian dari sastra lisan yang tidak boleh punah,” ujarnya. 

Pantun kata Ananda bahkan juga bisa dimodernkan. Tidak ada larangan pantun menggunakan kalimat-kalimat kekinian. 

“Selagi kalimatnya empat baris, ada sampiran dan ada isi, itu sudah jadi pantun,” lanjutnya. 

Ananda merupakan gadis kelahiran 2006 yang sukses masuk top 15 menyisihkan 500 peserta lainnya. 

Tak hanya mahir berpantun, Ananda juga memiliki banyak prestasi lain.

Diantaranya RU I Bujang gadis Tanjung Jabung Timur, Duta Anti Narkoba Provinsi Jambi, Gadis Provinsi Jambi harapan 1, mayoret marching band Gita Nada Pesona.

Ananda juga memiliki pengalaman organisasi pernah menjadi ketua OSIS 2018-2019 dan peraih medali emas olimpiade biologi yang diselenggarakan sains competition, 

Ananda juga pernah menjadi juara harapan II lomba karya tulis ilmiah tingkat provinsi Jambi 2019, peserta fashion show batik dekranasda, peserta fashion show sabag expo provinsi Jambi, grand finalis dan peserta olimpiade APBN tingkat nasional tahun 2020. 

Ananda mengaku beruntung bisa mengikuti kegiatan Duta Fazzio Provinsi Jambi 2022 karena mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman dan tentunya bertemu dengan orang-orang yang hebat pula. 

“Saya juga menambah relasi baru, selalu memberikan pelajaran dampak positif bagi hidup saya, sehingga saya selalu berusaha menjadi lebih baik lagi kedepannya dan meng upgrade diri saya menjadi versi terbaik setiap harinya,” lanjutnya. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: