Aneh, Buah Pisang Miliki 6 Jantung

Aneh, Buah Pisang Miliki 6 Jantung

Tampak buah pisang yang memiliki 6 jantung, yang tumbuh di batang pohon pisang di area TK Pembina Kelurahan Rano, Kecamatan Muara Sabak Barat--

MUARASABAK, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Pada umumnya pohon pisang berbuah hanya memiliki Satu jantung, namun tidak dengan pohon pisang yang tumbuh di area perkantoran Bukit Benderang Kelurahan Rano, Kecamatan Muara Sabak Barat, Kabupaten Tanjabtim.

Pohon pisang tersebut tampak berbuah seperti buah pisang pada umumnya. Akan tetapi, buah pisang ini sedikit aneh dan unik, karena memiliki 6 jantung pisang dalam Satu tandan buah pisang.

Pohon pisang dengan jenis pisang Ambon Hijau Lumut tersebut, persis tumbuh didalam taman TK Pembina yang ditanam oleh penjaga sejak 2 tahun yang lalu. Sedangkan terjadinya keunikan pada pohon pisang itu baru dalam Empat bulan belakangan.

"Saya juga tak menyangka kalau pohon pisang ini bakalan jadi unik seperti ini," kata Hanapi Hamzah, Security TK Pembina tersebut.

Bahkan uniknya lagi, dalam satu tandan pisang tersebut, tumbuh lagi tandan pisang yang lainnya, sehingga membuat jantung pisang menjadi banyak. Kemudian tandan buah pisang itu juga tumbuh ditengah-tengang batang pohon pisang, bukan tumbuh berada di pucuk pohon pisang.

"Aneh memang bang kok bisa tumbuh tandan baru di tandan pisang itu sendiri. Makanya jantung pisangnya bisa banyak," ungkapnya merasa aneh.

Selain itu, juga ada batang pisang lainnya yang tumbuh 2 cabang tandan pisang, tapi tumbuhnya bukan ditengah batang pohon pisang, tapi tumbuh di pucuk seperti pada umumnya. 

"Kalau dalam satu rumpun ni sudah ada pisang yang kami panen dan berbuah normal lah seperti pisang pada umumnya, satu batang satu tandan. Tapi dua batang tu cuma yang unik buahnya," ucapnya.

Dia menambahkan, untuk saat ini Dirinya tidak mau terlalu cepat untuk memanennya. Ia akan memanen saat buah sudah besar dan sudah menguning atau masak. Setelah itu, akan dibudidayakannya untuk bibit selanjutnya.

"Saya harus pikirkan kedepannya bang. Kalau sudah panen saya mau budidayakan. Bibitnya bisa saya jual kalau ada yang mau," tukasnya.(lan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

Berita Terkait