Peringatan Dini Cuaca di Jambi oleh BMKG, Ini Daerah yang Perlu Waspada

Peringatan Dini Cuaca di Jambi oleh BMKG, Ini Daerah yang Perlu Waspada

Ilustrasi cuaca -Amy Z-Pixabay--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID-Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Jambi mengeluarkan peringatan dini kondisi cuaca di Provinsi Jambi, Minggu (8/1).

Ada beberapa daerah yang diperkirakan berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat petir dan angin kencang, teejadi pada rabu malam (8/1).

Daerah tersebut diantaranya, wilayah Kabupaten Merangin yakni Tabir Ilir, Tabir Timur.

Kemudian wilayah Kabupaten Batanghari, yakni Mersam, Muara Tembesi, Pemayung.

Selanjutnya wilayah Kabupaten Muaro Jambi yakni Kumpeh, Kumpeh Ulu dan Sungai Gelam. Wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Barat yakni Merlung.

Kemudian juga wilayah di Kabupaten Bungo yakni Pasar Muaro Bungo, Tanah Sepenggal, Pelepat, Muko-muko Bathin Vii, Pelepat Ilir, Batin Ii Babeko, Bathin Iii, Bungo Dani, Rimbo Tengah, Tanah Sepenggal Lintas.

Juga wilayah Kabupaten Tebo yakni Tebo Tengah, Tebo Ilir, Tebo Ulu, Rimbo Bujang, Sumay, Rimbo Ilir, Tengah Ilir, Serai Serumpun, Muara Tabir,  dan sekitarnya.

"Dapat juga meluas ke wilayah Kabupaten Batanghari yakni Maro Sebo Ulu, Maro Sebo Ilir. Kabupaten Tanjung Jabung Barat yakni Renah Mendaluh,  dan sekitarnya," kata Kepala BMKG Staisuan Jambi, Ibnu Sulistyono, melalui rilis resminya, Rabu (8/1).

"Kondisi in diperkirakan masih akan berlangsung hingga pkl 21:00 WIB," tambah Ibnu.

Sebelumnya Ibnu Sulistyono mengungkapkan, dari analisa dinamika atmosfer sampai dengan dasarian 3 November 2022, indeks ENSO di Indonesia masih menunjukan kondisi La Nina Moderat. 

"Desember 2022 - Januari 2023 prakiraan curah hujan di wilayah Provinsi Jambi masih dalam kategori menengah hingga tinggi," kata Ibnu.

"Masih perlu waspada cuaca ekstrim karena masih periode musim hujan berupa hujan disertai kilat/petir," sebutnya.

Terjadi angin kencang jelas Ibnu, khususnya pada sore dan malam menjelang pagi hari. Dampak bencana yang ditimbulkan seperti pohon tumbang, induksi sambaran petir, berkurangnya jarak pandang, genangan dan tanah longsor pada dataran tinggi sampai awal Januari 2023 atau dasarian 1 Januari 2023.

"Waspada terhadap prakiraan cuaca berbasis dampak hujan lebat di wilayah Provinsi Jambi masih berpotensi terjadi sampai dengan pekan ini," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: