Angkat Judul Disertasi Pencegahan Fraud, Iwan Putra Raih nilai A

Angkat Judul Disertasi Pencegahan Fraud, Iwan Putra Raih nilai A

Iwan Putra dan Dekan FKIP Unja--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Mengangkat judul diserta Pencegahan Fraud sebagai Mediasi Pengaruh Internal Audit, Risk Management, Whistleblowing system dan Big Data Analytics, terhadap Pencegahan Perilaku Financial Crime (Studi empiris pada Kantor BPKP dan inspektorat seluruh Provinsi di Sumtera), Iwan Putra yang merupakan dosen Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Jambi (Unja), berhasil meraih nilai A dalam Ujian Promosi Doktor Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) – Unja.


Foto bersama Iwan Putra, Ketua Sidang, Sekretaris, Promotor, Penguji Eksternal, para Co Promotor dan para Penguji--

Dikonfirmasi usai ujian promosi Iwan Putra mengatakan, fenomena yang terjadi di era digital dalam perkembangan ekonomi di Indonesia dewasa ini, adalah menguatnya tuntutan akuntabilitas kasus kecurangan yang dilakukan oleh aparat pemerintah.

“baik pimpinan maupun staf bukanlah hal yang baru terjadi. Penipuan akuntansi adalah masalah dunia yang apabila tidak terdeteksi dan dicegah pada waktu yang tepat, dapat menyebabkan kerugian yang signifikan bagi para pemangku kepentingan,” kata Iwan Putra kemarin (6/1).


. Foto bersama Iwan Putra dan Keluarga, Ketua Sidang, Sekretaris, Promotor, Penguji Eksternal, para Co Promotor dan para Penguji--

Isu tentang praktek kecurangan (fraud), di Indonesia menjadi salah satu permasalahan utama bangs aini, karena semkain marak terjadi praktek tindak pelanggaran. Hal tersebut menginformasikan bahwa pada dasarnya tidak ada institusi atau lembaga yang benar-benar bersih dan terbebas dari kemungkinan potensi terjadinya kecurangan.

“Para pelaku fraud dan perilaku financial crime juga ada disemua kalangan. Berbagai macam kajian ilmiah yang telah dilakukan  memberikan petunjuk bahwa skill mismatch atas dampak terjadinya fraud dan perilaku financial crime, masih menjadi polemik mendasar yang akan terus menghambat produktifitas dan daya saing berbagai sektor ekonomi. Harapan dari disertasi promovendus berharap nantinya bis amenjadi sebuah referensi pemodelan baru terkait dengan bagaiman pengembangan Big Data Analytics dalma pencegahan fraud,” jelasnya.


Foto Iwan Putra bersama Dekan FKIP Unja dan rekan seperjuangan di Prodi Doktor Ilmu Ekonomi--

Ketua Sidang yang juga Dekan FEB Unja Dr. H. Junaidi, S.E.,M.Si, mengungkapkan Iwan Putra berhasil meraih nilai A dengan IPK 3,98. Diharapkan promovendus dapat mengembangkan lagi disertasi yang telah dihasilkan.

“Kami mencermati ketekunan, termasuk cara menjawab disertasi promovendus, dan kami telah berdiskusi bahwa promovendus untuk meluluskan saudara,” ujar Ketua Sidang yang juga Dekan FEB Unja Dr. H. Junaidi, S.E.,M.Si.

Promotor, Dr. Enggar Dian Puspa Arum, S.E.,M.Si.,A.K.,C.A menambahkan, diharapkan dari disertasi promovendus, akan muncul ide baru untuk memberikan penelitian selanjutnya, dalam mencegah financial crime.

“Dan kebijakan yang bisa diterbitkan pemerintah berdasarkan hasil penelitian promovendus,” jelas Promotor, Dr. Enggar Dian Puspa Arum, S.E.,M.Si.,A.K.,C.A.

Dekan FKIP Unja, Prof. Dr. M. Rusdi, S.Pd,. M.Pd mengatakan, Iwan Putra termasuk salah satu tim penting di FKIP Unja, yang merupakan Ketua Unit Jaminan Mutu. Diharapkan Iwan Putra dapat memberikan layanan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi, sesuai dengan standar yang ditetapkan.

"Setelah menyelesaikan gelar doktor Iwan Putra dapat memberikan kemampuan terbaiknya. Terlebih beliau adalah kader kita untuk dimasa yang akan datang," tandas Dekan FKIP Unja, Prof. Dr. M. Rusdi, S.Pd,. M.Sc.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: