Cuaca Ekstream, Nelayan Tanjabbar Kurangi Aktivitas Melaut

Cuaca Ekstream, Nelayan Tanjabbar Kurangi Aktivitas Melaut

Sejumlah nelayan diKuala Tungkal, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, yang setiap hari melaut untuk menangkap ikan, saat ini mulai mengurangi aktivitasnya untuk bepergian kelaut.--

KUALATUNGKAL, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Sejumlah nelayan diKuala Tungkal, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, yang setiap hari melaut untuk menangkap ikan, saat ini mulai mengurangi aktivitasnya untuk bepergian kelaut.

Hal itu dikarenakan di penghujung akhir tahun ini ombak di pantai laut timur sumatrea mulai tinggi dan ekstream. Tak cuma ekstream tangkapan dilaut pun tidak sebanding dengan biaya operasional yang dikeluarkan para nelayan.

Salah satu nelayan Kuala Tungkal, Indra mengatakan bahwa saat ini ombak di pantai laut timur sumatra mulai tinggi bahkan mencapai 1,5 meter.

" Untuk sementara ini kita terpaksa mengurangi aktifitas melaut, karena cuaca Ekstream dan ombak pun tinggi." Ujarnya.

Ia menyebutkan, para nelayan pun jika ingin melaut hanya pada hari tertentu saja. sebab jika dipaksakan tetap melaut maka akan beresiko, karena ombak tinggi dan dapat menenggelamkan kapal.

"  Ombak tinggi saat ini hasil melaut pun juga berkurang dan biaya operasional yang dikeluarkan juga tidak sebanding dengan hasil yang didapat." Sebutnya.

Disebutkan nya, sudah menjadi hal biasa bagi para nelayan yang ada di Tanjung Jabung Barat pada musim ombak tinggi dan cuaca ekstream saat ini mereka akan mengurangi aktivitas melaut.

" Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, ada juga sebagian nelayan terpaksa melaut 

meskipun hanya mencari ikan tidak ke tengah laut, karena sangat beresiko bagi keselamatan karena ombak tinggi tidak dapat diprediksi ketika sedang berada dilaut." Pungkasnya.(Sun) 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: