Mohammad Ihsan, Dosen Manajemen FEB-Unja Mampu Selesaikan Ujian Program Doktor Ekonomi dengan Baik

Mohammad Ihsan, Dosen Manajemen FEB-Unja Mampu Selesaikan Ujian Program Doktor Ekonomi dengan Baik

Mohammad Ihsan yang merupakan Dosen Manajemen FEB-unja saat menyampaikan hasil disertasi--

Dalam Ujian Promosi Doktor Ekonomi FEB-Unja

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.IDMohammad Ihsan, yang kesehariannya merupakan dosen Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi (FEB-Unja). Berhasil menjawab semua pertanyaan tim penguji dengan baik, dalam Ujian Promosi Doktor Eknomi FEB-Unja.

Dikonfirmasi usai ujian Promosi Doktor Ekonomi FEB-Unja, Mohammad Ihsan mengatakan judul disertasinya adalah Analisis Pengelolaan Bisnis Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum di Provinsi Jambi.


Foto bersama Mohammad Ihsan, Promotor, Penguji Eksternal dari universitas Riau dan para Co Promotor-

“Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor ekonomi terhadap pengelolaan bisnis, menganalisis hubungan kerja dewan direksi, dan dewan pengawas, terhadap pengelolaan bisnis dan menganalisis pengaruh pengelolaan bisnis terhadap efisiensi Perumda di Provinsi Jambi,” kata Mohammad Ihsan kemarin (28/12).


Foto bersama Mohammad Ihsan, Promotor, Penguji Eksternal dari universitas Riau dan para Co Promotor--

Dari hasil penelitian menemukan bahwa faktor ekonomi yang mempengaqruhi  pengelolaan bisnis Perumda Air di Provinsi Jambi, jumlah pelanggan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap pengelolaan bisnis Perumda Air Minum di Provinsi Jambi, pangsa pasar, harga jual air, biaya pegawai dan biaya administrasi umum berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengelolaan bisnis Perumda Air Minum di Provinsi Jambi.

“Hasil penelitian menunjukan kinerja dewan direksi dan dewan pengawas memiliki hubungan cukup baik dan signifikan dalam pengelolaan bisnis Perumda Air Minum di Provinsi Jambi. Perumda Air Minum harus melayani masyarakat dan pelanggan, yang akhirnya air tersebut harus sampai kerumah masyarakat, ini merupakan salah satu kewajiban perusahaan,” jelasnya. 

Sementara, Ketua Sidang yang juga Dekan FEB - Unja, Dr. H. Junaidi, S.E.,M.Si menambahkan dalam disertasi promovendus salah satu temuannya ternyata berguna untuk meningkatkan pengelolaan bisnis di Perumda Air Minum di Provinsi Jambi.


Foto bersama Mohammad Ihsan, istri, anak dan orang tua --

"Khususnya terhadap penanganan pelanggan yang diketahui salah satu penyebab tidak efisiennya pengelolaan bisnis Perumda Air Minum di Provinsi Jambi," kata Ketua Sidang yang juga Dekan FEB - Unja, Dr. H. Junaidi, S.E.,M.Si.

Sementara, Promotor, Prof. Dr. H. M. Rachmad R, S.E., M.S mengapresiasi disertasi promovendus  yang bagus dan menarik. Model disertasi tersebut merupakan solusi yang ditawarkan promovendus untuk Perumda Air Minum.

"Dalam pengelolaan bisnis yang masih rendah terhadap pengeluaran perusahaan," tandas Promotor, Prof. Dr. H. M. Rachmad R, S.E., M.S.

Dalam Ujian Promosi Doktor Ekonomi FEB-Unja Mohammad Ihsan berhasil memperoleh poin 85,05. Bertindak selaku Sekretaris Sidang yang juga Sekretaris Prodi Doktor Ekonomi Dr. Drs. Syahmardi Yacob, M.B.A, Penguji Eksternal dari Universitas Riau Prof. Dr. Hj. Marnis, S.E.,M.S, Co Promotor Dr. H. Zamzami, S.E.,M.Si, Co Promotor Dr. Rike Setiawati, S.E.,M.M, Penguji Dr. H. Mukhzarudafa, S.E.,M.Si dan Penguji Dr. Asep Machpuddin, S.E.,M.M. (yos)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: