Catatan 2022, Harga BBM Pertalite Terpaksa Dinaikkan!

Catatan 2022, Harga BBM Pertalite Terpaksa Dinaikkan!

Petugas saat mengisi BBM di SPBU.--

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Tahun 2023 tinggal menghitung hari. Ada banyak peristiwa yang terjadi pada 2022.

Catatan Jambi Ekspres ada satu peristiwa yang mungkin akan diingat semua orang Indonesia terkait harga BBM (Bahan Bakar Minyak).

Gonjang-ganjing soal pemberitaan terkait kenaikan harga BBM hampir tiap hari menghiasi media.

Berbeda dengan waktu biasanya alias pemerintahan sebelum-sebelumnya saat kenaikan harga BBM tepat pukul 00.00 WIB tengah malam.

Di Pemerintahan Presiden Joko Widodo ini kenaikan harga BBM pada Sabtu 3 September 2022 tepat pukul 14.30 WIB alias sore hari.

Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan menaikkan harga BBM Pertalite dari sebelumnya Rp7.650,00 per liter menjadi Rp10 ribu/liter. Sedangkan Solar dari Rp5.150 rupiah per liter menjadi Rp6.800 per liter.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam keterangan persnya menyebutkan pemerintah telah berupaya sekuat tenaga untuk melindungi rakyat dari gejolak harga minyak dunia. 

Pemerintah, kata Jokowi, telah meningkatkan hingga tiga kali lipat besaran subsidi dan kompensasi energi di APBN 2022.

"Saya sebetulnya ingin harga BBM di dalam negeri tetap terjangkau dengan memberikan subsidi dari APBN."

"Tetapi anggaran subsidi dan kompensasi BBM tahun 2022 telah meningkat 3 kali lipat dari Rp152,5 triliun menjadi Rp502,4 triliun rupiah dan itu akan meningkat terus," kata Presiden.

Presiden RI Joko Widodo menyebut keputusan untuk menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) adalah pilihan terakhir pemerintah.

Presiden RI Joko Widodo menyebut keputusan untuk menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) adalah pilihan terakhir pemerintah.

"Ini adalah pilihan terakhir pemerintah, yaitu mengalihkan subsidi BBM sehingga harga beberapa jenis BBM yang selama ini mendapat subsidi akan mengalami penyesuaian, dan sebagian subsidi BBM akan dialihkan untuk bantuan yang lebih tepat sasaran," kata Presiden Jokowi saat jumpa pers Sabtu 3 Sepetember 2022.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: