Tim Penguji Apresiasi Disertasi Ahmad Rifa’i, Dalam Ujian Promosi Doktor Ekonomi FEB-unja

Tim Penguji Apresiasi Disertasi Ahmad Rifa’i, Dalam Ujian Promosi Doktor Ekonomi FEB-unja

Ahmad Rifa'i saat menyampaikan hasil disertasi dihadapan Tim Penguji--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Tim Penguji mengapresiasi disertasi dari Ahmad Rifa’i yang juga Ketua LP2M Unviersitas Islam Indragiri dalam Ujian Promosi Doktor Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi (FEB-Unja), yang mengangkat judul disertasi Model Kinerja Manajerial Dinas Berbasis Kepemipinan, yang Melayani dengan Political Will, dan Motivasi Pelayanan Publik, sebagai Variabel Mediasi di Kabupaten Indragiri Hilir Provinsi Riau. Ketua Sidang yang juga Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unja, Dr. H. Junaidi, S.E.,M.Si mengharapkan disertasi Ahmad Rifa’I dapat diterapkan terutama dalam konstelasi politik saat ini.


Foto bersama Ahmad Rifa'i, Ketua Sidang, Sekretaris, Penguji Eksternal, Promotor, Co Promotor dan para Penguji--

Bagaiman peran legislative mampu memicu kinerja eksekutif, ini menjadi harapan kita untuk bisa diimpelementasikan tidak hanya didaerah penelitian tapi juga secara nasional,” Ketua Sidang yang juga Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unja, Dr. H. Junaidi, S.E.,M.Si kemarin (27/12).


Foto bersama Ahmad Rifa'i, istri dan anak, Ketua Sidang, Sekretaris, Penguji Eksternal, Promotor, Co Promotor dan para Penguji--

Sementara, Promotor Prof. Dr. H. Syamsurijal Tan, S.E.,M.A mengatakan, temuan disertasi ini tidak pernah ada dilakukan oleh peneliti sebelumnya, bahwa promovendus meneliti pengaruh kepemimpinan yang melayani terhadap kinerja pejabat di instansi yang ada di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Provinsi Riau. 


Ahmad Rifa'i bersama Rektor Universitas Islam Indragiri dan dosen--

“Melalui political will dengan motivasi, antara lain dengan bahwa kinerja dinas sangat kuat kaitannya dengan style dari kepemimpinan, tapi ini akan dihubungkan dengan vertical will, dengan kata lain political will yang fair akan mempercepat dorongan  keberhasilan kinerja dari Kabupaten Inhil, atau khususnya  kinerja pejabat dari esselon II dan III,” terang Promotor Prof. Dr. H. Syamsurijal Tan, S.E.,M.A.

Dengan kata lain bahwa kepemimpinan yang melayani, harus dihubungan oleh political will yang baik, yang tidak curang, fair artinya yang betul sasaran mewujudkan visi dan misi Pemkab Inhil. Inilah yang ditemukan Ahmad Rifai’i.

“Ini adalah fenomena nasional, bahwa political will harus kita perbaikai menuju suatu political yang fair, jujur dan mewujdukan percepatan pembangunan suatu wilayah,” tegasnya.

Ahmad Rifa’i dikonfirmasi usai Ujian Promosi Doktor menambahkan, disertasi diirnya cukup menraik untuk dilakukan kajian, karena dalam disertasi dirinya telah meletakkan dasar pondasi yang jelas tentangpolitical will, saat diaplikasikan kepada kelompok terntentu.

“Saya berharap penelitian lain bakal muncul setelah ini untuk melihat bagaimana political will ini bisa diteruskan dengan penelitian ini. Saya berharap bahwa makin modern kita pengelolaan pemerintahan, banyak orang menjadi sangat sadar bahwa pemimpin itu melayani, sehingga kinerja dinas menjadi lebih baik. Pemangku kebijakan juga harus disadarkan dengan motivasi pelayanan publik untuk berbuat baik kepada orang-orang,” urai Ahmad Rifa’i.

Namun yang tidak kalah penting, variabel political will bahwa dinas-dinas memiliki manajerial yang baik dengan latar pendidikan yang baik, dan track record yang baik. Tapi tidak didukung dengan kemauan politik dari anggota DPRD.

“Saya mengangkat arzet model ini tentang bagaimana pengaruh kepemimpinan yang melayani terhadap kinerja manajerial, melalui politcal will dan motivasi pelayanan publik, selayaknya bisa diaplikasikan oleh pemangku kepentingan,” tandasnya.Dalam ujian Promosi Doktor Ekonomi FEB-Unja tersebut Ahmad Rifa’i berhasil memperoleh nilai A dengan poin 84 dan IPK 3,87. Bertindak selaku Sekretaris Sidang Dr. Drs. Syahmardi Yacob, M.B.A, Penguji Eksternal dari Universita sRiau Prof. Dr. Hj. Marnis, S.E.,M.S, Co Promotor Dr. Drs. Edward, M.S, Co Promotor Dr. Zulfina Adriani, S.E.,M.Sc, Penguji Prof. Dr. Johannes, S.E.,M.S dan Penguji Dr. Shofia Amin, S.E.,M.Si. (yos)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: