UIN STS Jambi Laksanakan Pelatihan Kompetensi Dosen Pemula, Kegiatan Resmi Dibuka Dirjen Pendis Kemenag RI

UIN STS Jambi Laksanakan Pelatihan Kompetensi Dosen Pemula, Kegiatan Resmi Dibuka Dirjen Pendis Kemenag RI

Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia, Prof. Dr. Muhammad Ali Rhamdani, S.TP., M.T.,--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Peningkatan Kompetensi Dosen Pemula (PKDP) tahun 2022, resmi dibuka oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia (Dirjen Pendis Kemenag RI), Prof. Dr. Muhammad Ali Rhamdani, S.TP., M.T., secara daring, Senin (19/12). 

Kegiatan yang pertama kali dilakukan Kementerian Agama RI ini, dilaksanakan selama lima hari secara serentak se-Indonesia. Untuk Provinsi Jambi sendiri UIN STS Jambi ditunjuk menjadi salah satu Perguruan Tinggi Penyelenggara (PTP) yang memusatkan kegiatan di BW Luxury Hotel 19-23 des dan Pajajaran Hotel 27-31 des 2022.


Ketua dan Sekretaris LPM UIN STS Jambi--

Sebelum meresmikan kegiatan, Dirjen Pendis Kemenag RI memberikan pengantar tentang berbagai hal penting terkait dosen, antara lain 10 kriteria dosen profesional, yakni memiliki gaya mengajar yang merangsang belajar, mampu berkomunikasi dengan jelas, menguasai materi yang diampu, memiliki kesiapan materi yang terorganisir dengan baik, memiliki antusiasme yang dinamis, peduli terhadap mahasiswa, memiliki ketrampilan berinteraksi, bersikap fleksibel, kreatif dan keterbukaan, berkepribadian tangguh serta memiliki komitmen yang tinggi. 

"Dengan PKDP ini kita harapkan dosen - dosen pemula memiliki standar profesional, dimana dosen berkaitan erat dengan mahasiswa yang kita ketahui mereka adalah insan - insan yang membuka pintu kesuksesan dan menutup pintu kekufuran," kata Prof. Dr. Muhammad Ali Rhamdani, S.TP., M.T.

Disampaikan Ketua panitia dari Kemenag Pusat, harapan besar dengan diadakannya PKDP untuk memiliki dosen yang berkualitas, karena dosen memiliki latar belakang pendidikan yang berbeda - beda. 

"Sehingga saat menjadi dosen tidak gagap, lebih nyaman dan percaya diri dalam mengajar serta memiliki sikap dan pandangan agama yang moderat," 

Dr. SYAFI'I, M.Ag, Kepala Pusdiklat Tenaga Administrasi Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama. 

Sejalan dengan itu, Ketua LPM UIN STS Jambi, Dr.Dian Mursidah, M.Ag., menjelaskan secara nasional ada 1700 dosen pemula yang mengikuti PKDP dengan 17  PTP, dimana UIN STS Jambi sendiri sebagai salah satu PTP dengan 75 peserta yang terdiri dari dosen - dosen pemula di Provinsi Jambi,  bogor dan sekitarnya. Untuk kegiatan di bogor dilaksanakan tgl 27 sd 28 des 22. 

"Ini yang pertama, kita harapkan semua peserta dari Jambi dapat mengikuti dengan baik dan hasil yang terbaik. Kita juga mengahadirkan narasumber - narasumber yang berkompeten," kata Ketua LPM UIN Jambi. (Uci)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: