Aktifitas AntiBakteri Fraksi Aktif Bajakah Kuning, Terhadap Bakteri Streptococcus pyogene

Aktifitas AntiBakteri Fraksi Aktif Bajakah Kuning, Terhadap Bakteri Streptococcus pyogene

--

Oleh: Siska diljannah,Lili Andriani, Ruri Putri Mariska

Program Studi Farmasi,Stikes Harapan Ibu jambi

Bajakah kuning dikenal oleh masyarakat dayak sebagai tumbuhan herbal alami yang mengandung metabolit sekunder diantaranya alkaloid,fenolik, flavonoid,saponin dan tanin. Bajakah kuning dapat mengobati berbagai penyakit seperti penyakit kuning,pencernaan,cacingan,demam,sariawan,juga digunakan sebagai antioksidan,antimikroba,kolesterol dan antikanker.Bajakah kuning memiliki kandungan metabolit sekunder.

"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas antibakteri fraksi bajakah kuning terhadap bakteri streptococcus pyogenes.Antibakteri adalah suatu senyawa yang digunakan untuk menghambat bakteri.Metabolit sekunder yang berperan sebagai antibakteri antara lain alkaloid,flavonoid.Salah satu bakteri penyakit pada manusia adalah bakteri streptococcus pyogenes merupakan bakteri Gram-Positif,bakteri ini memiliki kemampuan untuk menyebabkan berbagai penyakit seperti faringitis(Radang tenggorokan),impertigo(Infeks kulit) .

"Penelitian ini dilakukan pada bulan juli s/d september 2022 di Laboratorium penelitian Farmasi dan Laboratorium Mikrobiologi,Laboratorium Biologi STIKES Harapan Ibu Jambi."Sampel dimaserasi menggunakan pelarut etanol 96 persen,pelarut etanol dipilih karena etanol merupakan pelarut yang paling umum digunakan dan dapat melarutkan hampir semua senyawa metabolit sekunder yang terkandung dalam simplisia.Hasil dari maserasi yang didapatkan dipekatkan menggunakan rotary evaporator sehingga diperoleh ekstrak kental dgn rendemen 10 persen menunjukan nilai rendemen tersebut telah sesuai dengan persyaratan standar. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: