UIN STS Jambi Sambut Mahasiswa Internasional

 UIN STS Jambi Sambut Mahasiswa Internasional

1. Sambut Mahasiswa Internasional, UIN Jambi Adakan Cultural Trips--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID– Semenjak COVID-19 mahasiswa internasional kembali ke negaranya masing-masing dan baru tahun ini mereka kembali ke Jambi untuk mengikuti perkuliaahan secara offline. Saat ini jumlah mahasiswa Internasional yang aktif berkuliah di UIN Jambi https://uinjambi.ac.id/w3/ berjumlah 81 Orang yang berasal dari Malaysia dan Filipina. Untuk tahun ajaran 2022/2023 UIN STS Jambi kedatangan mahasiswa baru dari Malaysia sejumlah 9 orang.

Untuk itu menyambut kedatangan mahasiswa baru dari Malaysia, UIN STS Jambi melalui Internasional Office (IO) mengadakan outbound yang dikemas dalam acara Cultural Trips dan Capacity Building, Minggu (4/12) bertempat di Kampung Radja Kota Jambi. Kegiatan dibuka langsung  Ketua International Office UIN STS Jambi, Dion Ginanto, Ph.D.

Acara diisi dengan perkenalan mahasiswa internasional dan sosialisasi tentang International Office. Setelah itu peserta mengikuti acara outdoor activities untuk memupuk rasa persahabatan dan capacity building antara mahasiswa lama, mahasiswa baru, dan staf internasional office. Kegiatan-kegiatan yang berlangsung sangat santai dan meriah itu diantaranya Bola Beracun,  Broken Face, dan kegiatan outdoor lainnya.

“Mahasiswa internasional ini jauh dari keluarga, jadi semakin sering kita mengadakan acara kekeluargaan seperti ini, diharapkan mereka tidak merasa jauh dari keluarga. Karena akan dapat langsung berkonsultasi dengan IO jika mempunyai kendala atau masalah selama tinggal di Jambi,” jelas ketua IO.

Salah satu mahasiswa baru dari Malaysia Hafiz Bin Rudy yang saat ini belajar di jurusan Ilmu Alquran dan Tafsri Fakultas Ushuluddin semester 1 sangat terkesan dengan acara yang diadakan oleh Internasional Office. Dimana acara outbound ini menurutnya dapat mempererat persahaban antara mahasiswa baru dengan internastional office dan para senior yang sudah belajar lebih dahulu di UIN Jambi https://uinjambi.ac.id/w3/. Hal senada juga disampaikan oleh Ahmad Fikri Hakim Bin Abdul Manan salah satu coordinator acara.

Tira Mariana, M. Hum, Sekretaris IO, mengatakan kegiatan ini adalah upaya IO untuk terus memberikan pelayanan prima kepada mahasiswa Internasional. 

“Cultural Trip ini adalah kedua kalinya kita adakan, setelah bulan September kemarin kita adakan di Candi Muaro Jambi, Meseum Gentala Arasy, dan Sentra Batik di Seberang Kota; kali ini kita mengadakan kegiatan yang didesain penuh dengan kegiatan-kegiatan informal untuk memupuk rasa persaudaraan.” Tegas Tira. (uci)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: