BUMDes Pematang Gajah Dapat Pendampingan dari Dosen FEB UNJA

BUMDes Pematang Gajah Dapat Pendampingan dari Dosen FEB UNJA

--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Jambi (UNJA) mengadakan Sosialisasi Kelayakan Usaha dan Peningkatan Efektifitas Pelaporan Keuangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Berbasis Excel For Accounting (EFA) di Desa Pematang Gajah, Muaro Jambi beberapa waktu. Kegiatan sosialisai yang dilaksankan di Kantor Desa Pematang Gajah pada Jumat (2/9/2022) itu merupakan bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya oleh dosen FEB. 

 

Dosen yang terlibat dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat itu yaitu Dr. Candra Mustika, SE, M.Si (Ketua) dengan anggota yaitu Dr. Zulfanetti , SE, M.Si, Dr. Etik Umiyati, SE, M.Si, Dra. Emilia, ME, Eko Prasetyo, SE, M.Sc, Ak, CA, CPA.

 

Keberadaan BUMDes secara umum adalah bagaimana untuk meningkatkan perekonomian masyarakat desa yang dapat berkontribusi kepada pendapatan asli desa dan bagaimana menggali potensi ekonomi di pedesaan. Untuk mencapai hal tersebut manajemen pengelolaan BUMDes harus dapat melakukan efisiensi dan menganalisis secara ekonomi kedaan keuangan dan mampu menyusun laporan keuangan yang akuntabilitas agar dapat dipercaya dan terhindar dari masalah hukum, apalagi jika ada keterlibatan pemerintah desa dalam penuyertaan modal BUMDes tersebut. “Melalui kegiatan ini, kita ingin memberikan Sosialisasi mengenai kelayakan usaha BUMDes dan pendampingan pengelolaan BUMDes terutarna dalam pengelolaan keuangan,” jelasnya.

 

Untuk mensukseskan hal tersebut kemampuan pengelola BUMDes perlu mendapatkan bantuan pelatihan penyusunan laporan keuangan dengan menggunakan aplikasi excel untuk akuntansi. Desa ini memiliki potensi ekonomi yang dapat dikembangkan oleh BUMDes nya, berada dilokasi strategis berada diperbatasan antara kabupaten muaro Jambi dan Kota Jambi, serta berada di dekat kampus besar yaitu Universitas Jambi.

 

UNJA yang berada di kabupaten Muaro Jambi memiliki program setiap tahunnya yang dinamakan pengabdian kepada masyarakat. Salah satu bentuk kepedulian UNJA dalam upaya membantu meningkatkan sumber daya manusia dan meningkatkan kemandirian ekonomi masyarakat adalah dengan program pengabdian masyarakat memberikan pelatihan. Terkait dengan pengembangan dan pengelolaan BUMDes salah satu wilayah yang berada di sekitar Kampus Universitas Jambi adalah Desa Pematang Gajah. (*/kar)

Kunjungi : www.unja.ac.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: