Benarkah Punya Rambut Putih Ciri Sosok Pemikir? Ini Penjelasannya

Benarkah Punya Rambut Putih Ciri Sosok Pemikir? Ini Penjelasannya

Tambut beruban. Foto www.alodokter.com--

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Uban atau rambut putih di kepala ternyata bukan hanya karena orang lanjut usia.

Ternyata ada beragam hal yang juga dapat menyebabkan munculnya uban di kepala lho, simak nih pemicunya yang harus anda ketahui.

Diketahui, tempat tumbuhnya rambut memiliki sel pigmen atau zat pemberi warna yang disebut melanin.

Kadar melanin di dalam tubuh seseorang dapat berubah seiring waktu.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut tujuh faktor lain yang bisa mendorong kemunculan rambut putih selain faktor usia.

 

1. Gen

Gen adalah faktor predominan dalam menentukan pada usia berapa rambut akan kehilangan pigmen. Pada beberapa orang, faktor genetik kemunculan helaian uban pertama bisa terjadi pada usia 20-an tahun.

 

2. Hormon

Studi mengindikasikan hormon bisa memicu atau meningkatkan kemunculan uban prematur. Orang-orang yang merasa kemunculan uban di rambut mereka berkaitan dengan masalah hormon sebaiknya berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter.

 

3. Kondisi kesehatan

Menderita penyakit tertentu juga bisa menjadi penyebab tumbuhnya uban. Salah satu kondisi yang bisa membuat rambut memutih adalah vitiligo.

Vitiligo merupakan suatu kondisi autoimun yang menyebabkan beberapa bagian rambut dan kulit mengalami kehilangan pigmen warna.

Selain itu, gangguan pada kelenjar pituitari atau kelenjar tiroid juga bisa menjadi penyebab tumbuhnya uban.

 

4 . Pengobatan

Pasien yang menjalani kemoterapi atau pengobatan malaria bisa mengalami rambut beruban. Kandungan obat yang digunakan dalam kemoterapi dan malaria dapat menghambat pembentukan melanin, sehingga rambut memutih.

 

5. Usia

Secara alami, berubahnya warna rambut menjadi abu-abu atau putih terjadi seiring dengan pertambahan usia. Ketika usia bertambah, produksi melanin dalam tubuh pun akan berkurang sehingga menyebabkan munculnya uban. Hal ini diduga disebabkan oleh bertambahnya kerusakan sel rambut akibat penuaan.

 

6. Stres

Selain faktor yang berkenaan dengan masalah fisik, masalah psikologis juga dapat mempengaruhi kemunculan uban. Beberapa studi menunjukkan bahwa muatan stres oksidatif yang dipicu stres psikologis bisa menyebabkan terjadinya rambut beruban secara prematur.

 

7. Merokok

Salah satu faktor utama yang membuat uban muncul lebih dini adalah kebiasaan merokok. Sejumlah studi juga menemukan bahwa kebiasaan merokok menyebabkan terjadinya kerusakan melanosit folikel rambut. (disway)

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: