Helikopter Polisi Hilang Kontak di Belitung Timur Membawa 4 Orang

Helikopter Polisi Hilang Kontak di Belitung Timur Membawa 4 Orang

Helikopter milik Polri dikabarkan hilang di perairan Buku Limau--Pixabay/495756--

BELITUNG, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Helikopter milik Polri dikabarkan hilang di perairan Buku Limau, Belitung Timur pada Minggu 27 November 2022.

Helikopter yang dikabarkan berisi 4 orang itu mulai hilang kontak pada 14.40 WIB. Kabarnya helikopter itu berasal dari Palangkaraya dengan tujuan Tanjungpandan.

Lokasi tepatnya hilang kontak helikoter tersebut berjarak 30 NM atau 55,56 KM dari ARP Bandara HAS Hanandjoeddin

Helikopter ini biasa dipakai oleh pejabat Polda Bangka Belitung untuk melakukan kunjungan dinas ke daerah-daerah di Pulau Belitung.

Lantas Mabes Polri membenarkan soal peristiwa hilangnya helikopter milik Polri ini.

"Ya, betul lost contact," terang Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan, Minggu 27 November 2022.

Adapun jenis helikopter milik Polri itu yang hilang kontak belum dijelaskan. 

Menurut Brigjen Ramadhan, helikopter berjenis NBO dengan nomor registrasi P-1103 itu tebang dalam rangka melaksanakan kegiatan ferry flight helikopter.

Dengan rute yang ditempuh adalah dari Polda Kalimantan Tengah ke Markas Komando (Mako) Direktorat Polisi Udara (Ditpoludara) di Bangka Belitung.

Diketahui dalam data Polisi, helikopter bernomor registrasi P-1103 itu hilang kontak dilaporkan sekitar pukul 14.00 WIB.

Brigjen Ramadhan mengungkapkan, pada posisi 39nm sebelum Tanjung Pandan, Belitung, helikopter P-1113 melaporkan untuk naik ke ketinggian 5.000 kaki lantaran berhadapan dengan cuaca buruk.

Disisi yang sama, sang pilot melaporkan bahwa helikopternya gagal menaikkan ketinggian dan terus turun menuju ketinggian 3.500 kaki.

"Pada pukul 14.00 WIB, captain pilot helikopter P-1113 berusaha memanggil crew helikopter P-1103 melalui frekuensi radio helikopter. Namun tidak ada jawaban," ujarnya.

Kemudian pada pukul 14.24 WIB, helikopter P-1113 berhasil mendarat di Bandara Tanjung Pandan, sementara helikopter P-1103 belum dapat dikontak.

Kapten pilot helikopter P-1113 kemudian mengecek posisi Helikopter P-1103 di Tower, sekaligus melaporkan peristiwa itu ke Kaurmin Subdit Patroli Udara, Kasi Dalwil Subdit Patroli Udara dan Kasubdit Patroli Udara.

"Adapun langkah yang diambil saat ini yakni berkoordinasi dengan Ditpolairud Polda Bangka Belitung, Basarnas dan menyiapkan peralatan untuk pencarian helikopter P-1103," tukasnya

Pihak Mabes Polri pun akan melibatkan Korps Kepolisian Perairan dan Udara Polri (Korpolairud) dan Kepolisian Daerah Bangka Belitung untuk melakukan pencarian.

 

Polri mengaku tidak bisa melakukan pencarian pada Minggu lantaran terkendala cuaca buruk, pencarian akan dilanjutkan Senin 28 November 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: