Pengabdian Kepada Masyarakat, Dosen dan Mahasiswa Prodi Materatika UIN Jambi Hadir di Pesantren Darul Arifin

Pengabdian Kepada Masyarakat, Dosen dan Mahasiswa Prodi Materatika UIN Jambi Hadir di Pesantren Darul Arifin

Pengabdian Kepada Masyarakat, Dosen dan Mahasiswa Prodi Materatika UIN Jambi Hadir di Pesantren Darul Arifin--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Dosen dan mahasiswa prodi Tadris Matematika FTK UIN Sulthan Thaha Saifuddin (STS) Jambi melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat sebagai wujud dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Mengangkat tema “Penguatan kemampuan akademik berbasis literasi di Pesantren Darul Arifin Jambi”. Bentuk literasi yang diberikan terdiri dari tiga bentuk yaitu literasi digital, literasi bahasa, dan literasi matematika, Jumat, (18/11) diikuti oleh 100 siswa yang berasal dari kombinasi siswa kelas X, XI, dan XII.  

 “Sangat mengapresiasi kegiatan pengabdian yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa Prodi Tadris Matematika FTK UIN STS Jambi. Besar harapan kegiatan pengabdian ini dapat membantu siswa dalam mengikuti pembelajaran dan dapat menambah life skills siswa,” jelas Mulyono, M.Si., WAKA kurikulum Pesantren Darul Arifin Jambi

Untuk pendamping ketiga literasi berbeda-beda, literasi digital didampingi Akbarullah, M.Kom., dengan latar tempat di ruang laboratorium komputer. Sementara untuk literasi bahasa didampingi Reni Andriani, M.Pd., dan literasi matematika diwakilkan Marni Zulyanty, M.Pd., dengan latar tempat di ruang kelas. Materi untuk literasi digital adalah pemanfaatan Microsoft Power Point, materi literasi bahasa adalah pengembangan kemampuan debate (debat Bahasa Inggris), sedangkan materi literasi matematika adalah pengenalan masalah-masalah literasi numerasi. 

Kegiatan pengabdian  ini terlaksana dengan baik dan sukses, ditambah pula antusias  dan sambutan positif para siswa dalam proses pelaksanaan pengabdian dalam rangka penguatan kemampuan akademik berbasis literasi. Dari kegiatan pengabdian ini diharapkan para siswa dapat memanfaatkan berbagai literasi diantaranya literasi digital, literasi bahasa, dan literasi matematika dalam hidupnya. Pihak Pesantren Darul Arifin Jambi berharap akan ada lagi pendampingan seperti ini dilakukan oleh dosen UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, tetapi dengan tema yang berbeda-beda. 

“Kegiatan pengabdian seperti ini harus sering dilakukan sebagai wujud kesinergian antara perguruan tinggi dan pengguna dalam hal ini Pesantren Darul Arifin Jambi,” tegas Drs. H. Husni El Hilali, M.Pd., Perwakilan tim pengabdian kepada masyarakat. (uci)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: