SUZUKI

Rektor UIN STS Jambi Hadiri Rakorwas

Rektor UIN STS Jambi Hadiri Rakorwas

Rektor UIN STS Jambi, menghadiri Rakorwas 2022--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Rektor UIN STS Jambi https://uinjambi.ac.id/w3/, Prof. Dr. H. Suaidi,MA.,Ph.D., menghadiri Rapat Koordinasi Pengawasan Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemenag RI di Hotel Novotel Mangga Dua, Jakarta, Senin – Rabu (21-23/11). Kegiatan di buka langsung Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas., mengangkat tema yang “Transformasi Pengawasan Inspektorat Jenderal Menjadi Organisasi yang Adaptif dan Agile”. 


Foto bersama--

“Ada dua Amanah dari Presiden yang harus diselesaikan di Kemenag. Pertama, layanan publik yang belum maksimal sesuai harapan masyarakat. Kedua, isu kecurangan (fraud) yang ditengarai masih terjadi dalam layanan publik, pengadaan barang serta praktek transaksional dalam mutasi promosi jabatan,” tutur Yaqut dalam pembukaan Rapat Koordinasi Pengawasan Itjen Kemenag, Senin (21/11).

Dirinya mengaku sangat perhatian terhadap perbaikan layanan publik di Kementerian Agama. Karena banyak layanan di Kementerian Agama yang langsung bersentuhan dengan masyarakat, seperti masalah pernikahan, rujuk, pencatatan waqaf, pelayanan haji, pembinaan rumah ibadah, dan pendidikan keagamaan. Sehingga saat masyarakat kecewa dengan layanan yang diberikan maka akan dengan mudah masyarakat memberikan penilaian terhadap Kementerian Agama.

Kementerian Agama terus berupaya untuk memperbaiki hal tersebut, salah satunya dengan dilakukannya launcing layanan digital Kemenag, Jumat (25/11), dimana semua layanan publikasi bisa diakses dalam genggaman. Selain itu dengan digitalisasi layanan public, masyarakat tidak perlu bersentuhan langsung dengan petugas yang memebrikan layanan sehingga mencegah praktek korupsi.

Untuk itu, sebagai pimpinan tertinggi kampus “Terdepan dan Berwibawa” Rektor UIN STS Jambi https://uinjambi.ac.id/w3/, Prof. Dr. H. Su’aidi, MA., Ph.D.,  siap melaksanakan instruksi-instruksi yang disampaikan oleh Menteri Agama untuk mendukung perbaikan pelayanan publik di Kementerian Agama khususnya UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

“Pastinya kita juga akan terus mengevaluasi agar hal – hal yang menjadi amanah Presiden tersebut dapat secepatnya kita perbaiki,” jelas Rektor UIN STS Jambi.

Agenda ini diselenggarakan secara hybrid dengan mengundang seluruh Unit Eselon I, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi, Kepala Bagian Tata Usaha Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi, Kepala Balai Diklat Keagaaman, Kepala Badan Litbang Agama se-Indonesia, untuk hadir langsung di lokasi, sedangkan untuk Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota hadir secara daring melalui aplikasi zoom meeting. (uci)

 

Sumber: