SUZUKI

Penyegaran Pelatih Kwarda Gerakan Pramuka Jambi Tahun 2022

Penyegaran Pelatih Kwarda Gerakan Pramuka Jambi Tahun 2022

Penyerahan tunggul latihan dari Waka Organisasi kepada Ka. Pusdiklatda--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Dalam rangka memberikan penguatan tentang sistem pendidikan dan kepaltihan kepramukaan.

Mulai 22-25 November mendatang, Kwartir Gerakan Pramuka Jambi menyelenggarakan Penyegaran Pelatih Kwarda Gerakan Pramuka Jambi, denga tema “Penguatan Sistem Pendidikan dan Pelatihan Kepramukaan dalam Upaya Peningkatan Daya Dukung Pusdiklat dalam Mewujudkan Visi dan Misi Kwarda Jambi 2022 – 2027”.


Sambutan Ka. Kwarda Jambi yang diwakilkan Waka Organisasi--

Ketua Panitia, Kak Drs. Suwanto dalam laporannya mengatakan, selain itu tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kecakapan dan keterampilan pelatih dalam mengelola dan menyajikan materi pelatihan, menyusun tim pelatih Pusdiklatda  Jambi tahun 2023-2024 dan sebagai wadah evaluasi pelatih Pembina.

“Serta sebagai bagian tenaga pendidik, yang menyelenggarakan pendidikan pelatihan kepramukaan dalam jajaran Kwarda Jambi,” kata Ketua Panitia, Kak Drs. Suwanto dalam laporannya mengatakan Selasa (22/11).


Penyematan tanda peserta kegiatan oleh Waka Binawasa--

Sementara, Ka. Kwarda Jambi, Kak H. Sudirman, S.H.,M.H melalui Waka Organisasi, Kak Jangcik Mohza, S.Pd.,M.Si dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini secara rutin dilaksanakan setiap tahun, dengan maksud memberikan motivasi, sarana dan semangat, dalam diri pelatih

“Guna meningkatkan kapasitas, untuk perkembangan Gerakan Pramuka, serta upaya dalam peningkatan Sumber Daya Manusia,” tandas Ka. Kwarda Jambi, Kak H. Sudirman, S.H.,M.H melalui Waka Organisasi, Kak Jangcik Mohza, S.Pd.,M.Si.


Foto bersama--

Dirinya menambahkan, lahirnya generasi milenial, maka dibutuhkan penanganan yang berbeda pula. Sehingga melalui penyegaran pelatih ini, dapat membekali para pelatih agar memahami metode kepelatihan kepada generasi milenial dengan baik.

“Sehingga kualitas kepramukaan dalam jajaran Kwarda Jambi lebih baik lagi. Saat ini dunia pendidikan formal dan non formal, berpacu dalam peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM, red). Tujuannya, agar lembaga pendidikan tersebut dapat berdiri sejajar dengan lembaga pendidikan sejenis dalam berbagai aspek,” jelasnya.

Demikian juga yang dilakukan Pusdiklatda, sebagai lembaga yang mencetak tenaga pendidikn yang professional, handal dan berkompetensi. Perlu dilakukan pembenahan dalam pelaksanan kegiatan, yang dilaksanakan satuan organsiasi atau satuan pendidikan.

“Kiita harus memeprsiapkan tenaga didik, agar kemampuannya dapat diakui dengan memiliki kompetensi yang layak. Saya mengajak Pusdiklat se-Kwarda Jambi,  bersiap diri mengambil peran dalam upaya mendukung pelaksanaan akreditasi Pusdiklat, dan sertifikasi tenaga pendidik, sebaga upaya  visi-misi Kwarda Jambi tahun 2022-2027,” tandasnya.

Dalam kegiatan juga dilakukan penyerahan tunggul pelatihan dan penyematan tanda peserta. Kegiatan dihadiri Waka KASP Kak H. AS Budianto, S.E.,M.M, Waka Binawasa Kak Drs. H. Mohd. Damiri, Sekretaris Kak Yevi Rivaldi, S.H.,M.H, Bendahara Kak Suharmiati, Ka. Pusdiklatda Kak Syabri Haris, S.P, Ketua DKD, staf Kwarda Jambi, Tim Pelatih Kak Nofriadi  S.IP.,M.Pd  yang juga Kabag diklat Pusdkilatda Jambi dan sekretaris tim Pelatih Kak Ranti Ernawati, S.Pt.,M.Pd. (yos)

Sumber: