SUZUKI

BPJS Kesehatan Jambi Pastikan Peserta JKN Sudah Terima Kartu

BPJS Kesehatan Jambi Pastikan Peserta JKN Sudah Terima Kartu

BPJS Kesehatan Jambi Pastikan Peserta JKN Sudah Terima Kartu--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Untuk memastikan peserta JKN yang didaftarkan oleh pemerintah daerah telah menerima kartu JKN, BPJS Kesehatan melakukan pengecekan langsung ke sejumlah kecamatan di Kabupaten Batanghari, Rabu (16/11). 

 

Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Batanghari, Bathari Yanthi menjelaskan bahwa untuk memastikan kartu JKN yang diterima telah sesuai, pihaknya pun mencocokkan data kartu keluarga (KK) dengan data yang tertera pada Kartu JKN peserta yang bersangkutan. “Selain untuk memastikan peserta JKN segmen Pekerja Bukan Penerima Upah PBPU dan Bukan Pekerja yang didaftarkan pemerintah daerah (PBPU BP Pemda-red) telah menerima kartu JKN, kami juga melakukan pemutakhiran data peserta yang bersangkutan sesuai dengan dokumen kependudukan,” ujar Thari.

 

Petugas BPJS Kesehatan pun menjelaskan hak dan kewajiban peserta JKN serta prosedur yang benar untuk mengakses pelayanan kesehatan. Selain itu, petugas BPJS Kesehatan pun memberikan informasi terbaru kepada peserta tentang Program JKN, seperti penggunaan Nomor Induk Kependudukan (NIK) sebagai indentitas peserta JKN dalam mendapatkan pelayanan.

 

Sementara itu, Ratih (43), salah satu peserta PBPU dan BP Pemda yang menerima kartu JKN tersebut, menuturkan bahwa ia sangat bersyukur dengan bantuan pemerintah melalui Program JKN. Menurutnya, jaminan kesehatan merupakan sesuatu yang sangat penting dimiliki setiap penduduk Indonesia agar memiliki kepastian penjaminan biaya di saat sakit. “Alhamdulillah kami satu keluarga sekarang sudah punya Kartu JKN dan tidak perlu cemas lagi memikirkan biaya berobat jika sakit. Di sekitar rumah kami masih banyak keluarga tidak mampu lain yang belum terdaftar Program JKN. Kami berharap pemerintah juga bisa membantu mereka karena sakit bisa datang kapan saja, oleh sebab itu jika telah terdaftar sebagai peserta JKN pasti akan merasa tenang,” ujar Ratih. (*/kar)

Sumber: