Lomba Mural, Ruang Mengekspresikan Semangat Kejuangan

Lomba Mural, Ruang Mengekspresikan Semangat Kejuangan

Peserta lomba mural saat melukis dinding yang disediakan oleh MPRJ--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Museum Perjuangan Rakyat Jambi (MPRJ) memberikan ruang untuk anak-anak muda agar dapat terus berkreasi di bidang seni rupa. Hal itu dihadirkan dalam bentuk pelaksanaan lomba melukis mural yang berlangsung di MPRJ selama dua hari, yaitu dari tanggal 17 – 18 November 2022. 


Deretan hasil karya mural oleh seniman Jambi--

Kegiatan lomba melukis mural ini diikuti oleh peserta yang berasal dari pelajar, mahasiswa dan umum, bahkan ada juga seniman senior. Lomba mural ini dilaksanakan masih dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 10 November 2022 lalu, dengan tema yang diangkat tentang perjuangan rakyat Jambi. Harapannya mural yang dihasilkan oleh seniman yang mengikuti lomba, dapat menanamkan nilai kejuangan terhadap masyarakat Jambi, terkhusus untuk generasi muda agar tidak melupakan perjuangan pahlawan, sehingga dapat terus mematik semangat perjuangan rakyat Jambi.


Juri yang melakukan penilaian lomba mural di MPRJ--

Kasi Pengelolaan Koleksi Museum Siginjei, Mudzakir, S.Pd mengatakan, kegiatan lomba mural yang dilaksanakan oleh MPRJ ini dapat menjadi ruang untuk generasi muda menyalurkan ekspresi, sesuai dengan tema yang sedang dilombakan. Ke depannya, seniman diharapkan berkarya bukan untuk dirinya sendiri, namun lebih bagaimana hasil karya dapat dipahamai oleh masyarakat luas.  “Hasil karya seniman dalam lomba mural ini dapat dinikmati oleh para pengunjung yang datang ke MPRJ, karena hasil karya mural menggambarkan tentang nilai-nilai perjuangan pejuang di Jambi,” katanya.

 

Mural yang dilukis oleh seniman Jambi ini bertemakan tentang kesultanan Jambi sampai dengan perang mempertahankan kemerdekaan. Mudah-mudahan dengan adanya hasil mural ini dapat semakin menambah kunjugan ke museum. “Diikuti oleh 14 tim, panitia memfasilitasi dinding tembok tempat menggambar dan cat untuk melukis, serta ada hadiah dan piagam bagi para pemenang,” lanjutnya.

 

Sementara itu, juri dalam lomba tersebut, Mas Maman yang juga merupakan pengamat seni rupa, menambahkan, Mural sudah sangat berkembang pesat saat ini, sejumlah titik dinding yang ada di Kota Jambi sudah dijadikan objek dijadikan mural. Lomba mural di MPRJ ini memberi semangat kepada generasi muda untuk melukis. “Kegiatan ini dapat menjadi wahana bagi pengunjung untuk merasakan langsung nilai juang. Mural ini bisa menjadi identitas Jambi, seperti yang gambar pahlawan Jambi merupakan identitas Jambi,” imbuhnya.

 

Adapun pemenang dalam lomba mural ini yaitu, juara 1 diraih oleh Nursanto, juara 2 diraih oleh Rian Kurnia dan juara 3 diraih oleh Hendra. Sedangkan untuk juara harapan 1 diaraih oleh Rifqi Kurniawan, juara harapan 2 diraih oleh Boslan Tobing dan juara harapan 3 diraih oleh Sumardi. Terhadap pemenang, panitia memberikan sertifikat, piagam penghargaan dan uang pembinaan. (kar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: