Antisipasi Bencana, BPBD Provinsi Jambi Siapkan Logistik dan Peralatan Bencana

 Antisipasi Bencana, BPBD Provinsi Jambi Siapkan Logistik dan Peralatan Bencana

Kepala BPBD Provinsi Jambi Bachyuni Deliansyah--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Hampir setiap tahunnya, BPBD Provinsi Jambi selalu siap siaga dalam menghadapi bencana yang bakal terjadi dibeberapa wilayah di Provinsi Jambi.

Beberapa wilayah rawan bencana seperti Kabupaten Tanjabbar, Tanjabtim, Muarojambi, Kota Jambi, Merangin, Bungo, Kerinci bahkan Kota Sungai Penuh, merupakan daerah rawan bencana. Kepala BPBD Provinsi Jambi, Bachyuni Deliansyah mengungkapkan, pihaknya telah menyiagakan mulai personil, logistik hingga peralatan bencana.


Kepala BPBD Provinsi Jambi mendamping Gubernur saat penyusuran Sungai Batanghari--

"Saat terjadi bencana, langsung kami siapkan mulai personil, logistik hingga peralatan bencana," kata Kepala BPBD Provinsi Jambi, Bachyuni Deliansyah.

Bahkan untuk memantapkan pergerakan personil, pihaknya telah melakukan Bimtek Tim Reaksi Cepat. Menurutnya, bimtek tersebut juga berguna bagi peningkatan kemampuan penanggulangan bencana.


Koordinasi yang dilakukan Kepala BPBD Provinsi Jambi dan Gubernur dalam kesiapsiagaan terhadap bencana--

"Melalui bimtek diharapkan dapat meningkatkan Tim Reaksi Cepat dalam pengelolaan peralatan dan logistik, termasuk kesiapsiagaan personil yang kami miliki," jelasnya.

Namun dalam menghadapi kesiapsiagaan bencana, tetap harus adanya sinergi lintas sektoral, dengan demikian secepatnya dapat menyelesesaikan bencana yang terjadi disuatu wilayah.



Kepala BPBD Provinsi Jambi mendampingi Gubernur dalam pengecekan peralatan dan personil kesiapsiagaan bencana--

"Dengan cepatnya penanggulangan bencana tersebut, agar masyarakat dapat kembali melaksanakan aktifitasnya sehari-hari," terangnya.

Dirinya menambahkan, beberapa bencana yang terjadi dibeberapa wilayah di Provinsi Jambi saat musim kemarau seperti kebakaran lahan, sedangkan saat musim hujan seperti bencana banjir dan tanah longsor.

"Ada juga bencana puting beliung dan gempa bumi, untuk itu kami selalu stand by dalam menghadapi kemungkinan bencana yang terjadi di Provinsi Jambi," paparnya.


Foto bersama Kepala BPBD Provinsi Jambi--

Sesuai arahan gubernur Jambi meminta dirinya selaku Kepala BPBD Provinsi Jambi untuk melakukan kesiapsiagaan termasuk terkait personil dan peralatan bencana, yang apabila dibutuhkan di Kabupaten/Kota pihaknya siap  untuk memback up. Untuk status kesiapsigaan bencana saat ini menurutnya bisa naik aatau turun. Untuk personil baik dari TNI/Polri, BPBD Provinsi Jambi maupun Basarnas, keseluruhan berjumlah 120 personil, yang siap digerakkan kapan saja. Sedangkan untuk peralatan BPBD memiliki 3 unit kapal cepat, Polairud 5 kapal cepat dan Basarnas 2 kapal cepat, yang bisa digunakan saat kapan saja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: