PKD UIN Jambi Berperan Pada Pelatihan Brailer dan Bahasa Isyarat

PKD UIN Jambi Berperan Pada Pelatihan Brailer dan Bahasa Isyarat

Ketua PKD UIN STS Jambi menjadi narasumber--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Pusat Kajian Disabilitas (PKD) UIN STS Jambi https://uinjambi.ac.id/ terus berperan aktif dalam berbagai kegiatan, kali ini kegiatan Pengembangan Karir Guru: “Pelatihan Braile dan Bahasa Isyarat” bagi guru Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri dan Swasta Se-Provinsi Jambi tahun 2022.

Dalam kegiatan ini, Ketua PKD UIN STS Jambi https://uinjambi.ac.id/ menjadi narasumber dengan materi “Layanan Mahasiswa Disabilitas di Perguruan Tinggi”. pada kegiatan yang dilaksanakan Hotel Ratu Convention Center Jambi, Rabu – Sabtu (2-5/11) dimana kegiatan ini dihadiri guru-guru yang mewakili SLB se-Provinsi Jambi.


Peserta Kegiatan--

Dalam materinya, Ketua PKD UIN STS Jambi https://uinjambi.ac.id/ menyampaikan harapannya ke depan agar guru-guru sebagai tenaga pendidik dapat memahami dan mewujudkan pendidikan yang ramah bagi disabilitas dalam program pendidikan inklusi.

Tidak hanya itu, pelatihan ini juga memberikan tips kepada guru tentang bagaimana bersikap dan berinteraksi dengan menggunakan Bahasa Isyarat kepada peserta didik sehingga penyampaian hak - hak  peserta didik disabilitas pada pendidikan dapat terpenuhi dan terwujud.

“Kegiatan ini menjadi rangkaian penting untuk diikuti oleh guru-guru yang mengajar di SLB. Dimana saat ini pendidikan inklusi merupakan bagian penting yang tertuang dalam dunia pendidikan. Tenaga pendidik harus mampu belajar dan me-respons pelajar disabilitas agar dapat menyampaikan pesan dalam pembelajaran”, ujar Syahran.

Beliau juga berpesan bahwa semua dari kita manusia adalah sama di mata Tuhan. Maka, generasi muda dari kalangan disabilitas juga berhak memperoleh pendidikan dan memperoleh masa depan yang gemilang. UIN STS Jambi sebagai salah satu Perguruan Tinggi Negeri melaksanakan amanat Undang-Undang No. 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas dengan secara resmi membuka penerimaan mahasiswa baru jalur difabel. Pada kegiatan belajar, mahasiswa disabilitas bersama-sama dalam 1 kelas dengan mahasiswa umum lainnya.

Melalui materi yang disampaikan, diharapkan agar guru di SLB se-Provinsi Jambi dapat memotivasi peserta didik agar tetap semangat dalam meraih impian dengan menempuh pendidikan lanjut di perguruan tinggi. (uci/*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: