4 Tim P2MW UNJA Mendapatkan Penghargaan KMI Award 2022

4 Tim P2MW UNJA Mendapatkan Penghargaan KMI Award 2022

--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Prestasi membanggakan kembali diraih mahasiswa Universitas Jambi (UNJA). Dimana 4 tim mahasiswa Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) UNJA yang mendapatkan pendanaan wirausaha berhasil meraih penghargaan Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Award P2MW dan IWDM pada pelaksanaan KMI Expo XIII 2022 di Jawa Timur, pada 22-25 November 2022.

KMI Expo XIII 2022 merupakan kegiatan yang diselenggarakan secara rutin setiap tahun oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 

Nama-nama yang berhasil lolos antara lain: Miftahul Jannah dengan anggota Rahmat Sirumapea, Rara Amiyati, Reza Agustian, dan Aliza Zoales (Kompos ARM), Muhammad Rizki Darmawan (CAKAPIND), Feby Dwi Prastikawati (Diversifikasi Produk Olahan Presto DIPRESTO Berbasis Ikan Lokal Jambi), serta Nia Trianjani (Elok Totebag). Peserta KMI Award 2022 diikuti oleh seluruh mahasiswa di Indonesia yang lolos P2MW dan IWDM. Tim yang lolos P2MW berjumlah 888 dan diseleksi menjadi peserta KMI menjadi 358 dengan peserta yang IWDM yaitu 64 tim yang lolos seleksi KMI. Semuanya melaksanakan persentasi dan mengikuti rangkaian lomba, bagi yang tidak lolos diperbolehkan untuk mengikuti lomba penunjang.

Miftahul Jannah mengungkapkan motivasi, persiapan, dan harapannya ke depan. “Motiviasi mengikuti kegiatan ini ialah ingin menjdi mahasiswa wirausaha dan memiliki pengalaman yang luar biasa nantinya. Persiapan yang dilkukan yaitu mempersiapkan apa yang diperlukan untuk lomba yaitu ada persentasi, stand terbaik, poser katalog usaha, BMC, serta mading 3D dan Video. Harapan ke depannya bisa membangkitkan semangat anak muda terutama mahasiswa UNJA untuk menjadi mahasiswa wirausaha,” ungkapnya.

Selain Mifta, Feby Dwi Prastikawati juga mengutarakan motivasinya mengikuti ajang tersebut dan menjelaskan persiapan yang dilakukan serta harapan selanjutnya setelah prestasi tersebut.

“Motivasi awalnya adalah dukungan dari orang terdekat yaitu dosen, tim DIPRESTO, dan orang tua untuk mengikuti kegiatan supaya bisa mengembangkan usaha, selain dukungan dari orang terdekat, motivasi saya mengikuti kegiatan ini karena P2MW memberikan kesempatan kepada mahasiswa yang berwirausaha untuk menjadi wirausaha yang tangguh dan memiliki daya saing,” ujar Feby.

“Persiapan yang dilakukan adalah memastikan bahwa produk layak bersaing di tingkat nasional meskipun produk yang dihasilkan dari daerah. Bahwa produk lokal juga mempunyai nilai yang tinggi dan keunggulan dengan memanfaatkan potensi lokal. Harapan ke depannya dan langkah selanjutnya adalah usaha DIPRESTO bisa bertahan ditengah kondisi ekonomi yang saat ini terjadi dan mampu dikenal oleh masyarakat hingga tingkat nasional bahkan internasional,” jelasnya.

Dr. Bagus Pramusintho, S.Pt., M.Sc., selaku dosen pembimbing dari Miftahul Jannah beserta tim mengutarakan apresiasinya terhadap capaian yang diraih mahasiswanya. “Selamat  kepada  Tim P2MW Universitas Jambi atas prestasinya lolos dalam ajang KMI Award 2022. Semoga ini menjadi langkah awal dan motivasi juga inspirasi bagi para mahasiswa untuk terus mengembangkan diri menjadi insan unggul yang berkarakter entrepreneur dan tentunya mendorong berkembangnya ekosistem kewirausahaan di lingkungan perguruan tinggi. Tetap semangat dan sukses selalu,” ujar Dr. Bagus. (*/kar)

Kunjungi : www.unja.ac.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: