BI Gandeng UNJA dan UIN STS Laksanakan QRIS Goes To Campus 2022

BI Gandeng UNJA dan UIN STS Laksanakan QRIS Goes To Campus 2022

Foto bersama usai penyerahan cinderamata--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID  - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Jambi melaksanakan kegiatan Sosialisasi ‘QRIS Goes To Campus 2022’. Kegiatan itu berlangsung di Gedung Balairung UNJA Mendalo, Selasa (1/11/2022). 

Dalam kegiatan ini, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi menggandeng UNJA dan juga UIN STS Jambi dengan melibatkan lebih dari 1.000 mahasiswa dari kedua perguruan tinggi tersebut. Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) Goes to Campus merupakan kegiatan sosialisasi atau edukasi kepada mahasiswa tentang pemanfaatan QRIS sebagai salah satu alternatif media pembayaran non tunai dengan hanya memindai kode QR menggunakan ponsel cerdas.


Foto bersama peserta sosialisasi ‘QRIS Goes To Campus 2022’--

Sebagaimana diketahui perluasan digitalisasi pembayaran tidak terlepas dari peranan inovasi di bidang teknologi. Pesatnya perkembangan teknologi dan meningkatnya adopsi masyarakat terhadap smartphone di Indonesia mendorong industri pada sektor teknologi dan keuangan memanfaatkan teknologi sebagai media pembayaran retail/eceran. Hal ini membuat layanan mobile payment di dalam smartphone menjadi media pembayaran baru bagi masyarakat sekaligus untuk meningkatkan keuangan inklusif di Indonesia.

“Salah satu penggunaan teknologi dalam mobile payment yang berkembang pesat saat ini adalah penggunaan Quick Response Code. Melalui agenda kolaborasi yang dilakukan Bank Indonesia dengan Pengelola Perguruan Tinggi serta Penyedia Jasa Pembayaran dalam rangka mendigitalisasi Perguruan Tinggi dapat teraliasi ke depannya,” ujar Mukti Rigowo, selaku Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi saat membuka kegiatan QRIS Goes To Campus 2022’.


Penyerahan cinderamata dari Bank Indonesia kepada pihak UIN STS Jambi--

Langkah perluasan QRIS ke Perguruan Tinggi ditujukan untuk dapat membangun ekosistem digital dalam kampus yang pada akhirnya akan dapat meningkatkan kemanan dan kenyamanan seluruh pihak dalam bertransaksi. Dengan dukungan penuh dari Bank Indonesia selaku regulator QRIS, PJP sebagai penyedia layanan QRIS, pemerintah sebagai penyedia infrastruktur penunjang QRIS, seluruh stakeholders lain dan tentunya dengan akseptasi pengelola dan mahasiswa/i pada perguruan tinggi di Provinsi Jambi terhadap tekhnologi selaku pengguna QRIS, optimisme akan perluasan implementasi QRIS yang membawa efisiensi pembayaran dapat terus meningkat.


Penyerahan cinderamata dari Bank Indonesia kepada pihak UIN STS Jambi--

Melalui serangkaian upaya yang telah dilakukan bersama, termasuk melalui penyelenggaraan  acara sosialisasi QRIS, Cinta Bangga dan Paham Rupiah (CBP), dan Beasiswa Bank Indonesia, pengetahuan mahasiswa dan akademisi mengenai Bank Indonesia dapat semakin meningkat. “Diharapkan juga implementasi QRIS dapat terus meluas dan membawa banyak dampak positif bagi Universitas Jambi dan  UIN STS Jambi, Pemerintah, Institusi Keuangan, serta seluruh Masyarakat di Provinsi Jambi,” imbuh Mukti.

Rektor UNJA yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Ir. Teja Kaswari, M.Sc., menjelaskan bahwa QRIS bukanlah hal baru di UNJA, karena kantin-kantin dan pembayaran zakat di lingkup UNJA sudah lama menggunakan QRIS. “UNJA sebenarnya sudah melaksanakan penggunaan QRIS, salah satunya melalui penyaluran zakat baznas dan kantin-kantin di UNJA juga sudah menggunakan QRIS. Memang belum semua, tapi dengan adanya kegiatan hari ini bisa merangsang yang lain untuk ikut,” sebutnya.


Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi, Mukti Rigowo--

Saat ini kegiatan kewirausahaan di UNJA sangat berkembang dan hampir semuanya mengunakan QRIS. Kehadiran QRIS Goes To Campus ini ke depannya diharapkan akan terus berkembang penggunaan digitalisasi pembayaran. “Dalam waktu dekat akan ada Job Fair di UNJA. Saya yakin Bank Indonesia bisa membantu mahasiswa-mahasiswa kita untuk tidak lagi menjadi pencari kerja setelah lulus kuliah, tapi bagaimana menyediakan lowongan pekerjaan,” jelas Dr. Teja. (kar)

Kunjungi : www.unja.ac.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: