Berikut Daftar 91 Obat yang Pernah Diminum Pasien Gagal Ginjal Akut, Ini Data Obatnya

Berikut Daftar 91 Obat yang Pernah Diminum Pasien Gagal Ginjal Akut, Ini Data Obatnya

Jumlah kematian gagal ginjal akut mencapai 133 jiwa dari 241 kasus gagal ginjal akut di 22 provinsi Indonesia.-Pixabay-Disway.id--

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Daftar 91 obat yang pernah diminum oleh pasien gagal ginjal akut pada anak, dirilis oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) ke publik.

Dari 91 daftar obat yang pernah diminun pasien gagal ginjal akut pada anak tersebut, sebagian besar lazim dan tidak asing dikonsumsi masyarakat saat batuk, pilek, maupun keluhan di area perut.


yamaha--

Kendati demikian, kandungan dari 91 obat yang pernah diminum pasien anak dengan gagal ginjal akut tersebut masih dalam proses penelitian dan penelusuran.

Sedangkan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyatakan bahwa penyebab gagal ginjal akut pada anak atau acute kidney injury (AKI), belum tentu dari penggunaan obat sirup.

Ada beberapa faktor lain yang dapat menjadi penyebab gangguan ginjal akut seperti infeksi virus, bakteri liptospirosa, hingga peradangan multisistem pasca covid-19.

Karena itu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut oleh berbagai pihak. Sebab, penyakit gagal ginjal akut pada anak belum dapat disimpulkan bahwa penyebabnya adalah obat sirup.

Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin menyatakan, daftar obat yang pernah diminum pasien anak dengan gagal ginjal akut mencapai 91 jenis seperti yang dikutip dari radar cirebon

Menurut Menkes, daftar obat tersebut telah diberikan kepada BPOM untuk dilakukan penelitian lebih lanjut. Apakah ada senyawa atau zat yang berbahaya atau tidak.

Adapun 91 sampel obat tersebut, kata Menkes, diambil dari rumah pasien. Sampai 21, Oktober 2022 tercatat sudah 241 pasien yang mengalami gagal ginjal akut. Kemudian terdapat 133 yang meninggal dunia.

Berikut adalah daftar obat yang terdiri dari 91 jenis dan didapatkan dari rumah pasien anak dengan gagal ginjal akut dan diduga pernah diminum.

Afibramol (Paracetamol)

Alerfed Syrup (Pseudoefedrin HCl 30 mg,

Triprolidin HCl 1,25 mg)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: