Perwujudan Visi Lokomotif Perubahan, UIN SUTHA Dukung Ekosistem Halal

Perwujudan Visi Lokomotif Perubahan, UIN SUTHA Dukung Ekosistem Halal

Foto Bersama--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Sebagai perwujudan visi Lokomotif Perubahan, UIN STS Jambi https://uinjambi.ac.id/ terus ikut serta dalam berbagai hal salah satunya dalam terciptanya ekosistem halal di Indonesia. Hal ini sesuai dengan amanat Undang - Undang Jaminan Produk Halal (UU JPH) nomor 33 tahun 2014, dimana mewajibkan Sertifikasi Halal pada usaha bidang makanan dan minuman. Dimana Pemerintah memberikan bantuan sertifikasi halal gratis bagi pelaku usaha kecil dan mikro sektor makanan dan minuman dalam skema sertifikasi halal self declare, yang dalam hal ini melibatkan perguruan tinggi, termasuk UIN Jambi.

Menunjukkan Komitmen yang ada, UIN SUTHA Jambi melaksanakan kegiatan Audiensi dan Sosialisasi sertifikasi halal gratis ke seluruh Kabupaten dan Kota yang ada di Provinsi Jambi. Untuk kali ini UIN STS Jambi melaksanakan audiensi dan sosialisasi ke Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jumat (7/10) bertempat di aula pertemuan Bupati.


UIN SUTHA Jambi melakukan Audiensi dan Sosialisasi sertifikasi halal gratis di Kabupaten Tanjung Jabung Barat--

Kegiatan ini dihadiri, Bupati Tanjung Jabung Barat, Rektor UIN STS Jambi, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan UIN STS Jambi, perwakilan seluruh OPD Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Perwakilan Bank dan pelaku UKM di wilayah Tanjung Jabung Barat. Kehadiran para pimpinan ini menunjukkan komitmen besar UIN STS Jambi dan Kabupaten Tanjung Jabung Barat untuk mempercepat sertifikat halal.

“Keterlibatan UIN SUTHA dalam hal ini sejalan seirama dengan visi UIN Jambi sebagai lokomotif perubahan, kehadiran UIN menunjukkan tidak ada eksklusifitas lembaga Pendidikan terhadap masyarakat. UIN Jambi merupakan bagian dari masyarakat, dari dan kembali untuk masyarakat,” jelas Rektor UIN STS Jambi, Prof. Dr. H. Suaidi,MA.,Ph.D.


Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan Dr. Rofiqoh Ferawati, S.E., M.Ei., saat menyampaikan progress yang dilakukan UIN SUTHA Jambi Lembaga Pendamping PPH UIN SUTHA. --

Pada kegiatan ini disampaikan progress kegiatan yang sudah dilakukan UIN SUTHA Jambi melalui Lembaga Pendamping PPH UIN SUTHA. 

“Saat ini, sebenarnya di Jambi sudah berdiri empat (4) LP3H, namun sepanjang yang dapat kami pantau melalui laman halal.go.id, UIN Jambi adalah Lembaga yang paling progresif dan berkomitmen untuk tidak hanya dalam mencetak pendamping terbanyak namun juga sertifikat halal terbanyak, LP3H lain bahkan masih ada yang belum ada progress sama sekali” jelas Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan Dr. Rofiqoh Ferawati, S.E., M.Ei.

Berdasarkan data di infohalal.go.id, LP3H UIN SUTHA JAMBI sudah berhasil menghasilkan 41 SH, yang jika diurus melalui jalur regular 1 SH pada masanya bertarif jutaan. Pengalaman mendampingi bantuan dari BI saat itu, 3,5 juta. Capaian ini tidak lepas dari peran LP3H UIN SUTHA yang secara rutin melakukan pelatihan bagi pendamping PPH, melaksanakan pendampingan PPH, melakukan pembinaan dan supervisi terhadap pendamping PPH, melakukan evaluasi kinerja pendamping PPH dan secara langsung menjemput bola ke Kabupaten, seperti yang telah dilakukan ke Kabupaten Tanjabbar dimana terdapat 21 PU yang telah berhasil di damping.

“Kita mengharapkan dari 1200 UKM minimal setengah dari UKM tersebut tersertifikasi halal melaui bantuan LP3H UIN SUTHA Jambi,” kata Bupati Tanjung Jabung Barat, Drs. H. Anwar Sadat M. Ag. 

Peran Pemerintah, Bank dan instansi lainnya dapat berupa menyediakan fasilitas pelatihan pendamping PPH bekerja sama dengan LP3H UIN Sutha Jambi, hal ini dapat membuka lapangan kerja dan juga mempercepat proses sertifikasi halal jika jumlah pendamping semakin banyak. (uci)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: