Farmasi Universitas Jambi Gelar Pelatihan Pembuatan Produk Olahan Jamu

Farmasi Universitas Jambi Gelar Pelatihan Pembuatan Produk Olahan Jamu

Produk banana herbal permen dan coklat herbal --

Pada Masyarakat Suku Anak Dalam Desa Pelempang

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Program Studi Farmasi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Masyarakat, telah menyelenggarakan pelatihan pembuatan produk olahan jamu pada masyarakat Suku Anak Dalam (SAD) di Desa Pelempang, Kabupaten Muarojambi.

Pelatihan dilaksanakan pada Jumat, 5 Agustus 2022 lalu, bertempat di Madrasah Al-Ikhlas Desa Pelempang yang dihadiri oleh 26 peserta. Kegiatan pengabdian masyarakat ini diketuai  oleh Dr. Drs. Syamsurizal, M, Si dengan anggota Diah Tri Utami, S.Si., M.Sc; Yuliawati, S.Farm., M.Farm., Apt; Fathnur Sani K., M.Farm.,Apt dan Elisma, S. Farm., Apt., M.Farm.


Diservikasi produk olahan jamu sebagai upaya peningkatan ekonomi masyarakat SAD di Desa Pelempang Kabupaten Muarojambi--

Ketua pengabdian Dr. dr. Syamsurizal, M. Si mengatakan bahwa pengabdian ini ditujukan untuk membantu masyarakat Suku Anak Dalam meningkatkan pendapatannya, dengan mengolah tanaman herbal menjadi berbagai macam produk yang praktis digunakan dan enak.

"Produk yang didemonstrasikan adalah kue banana herbal serta permen dan coklat herbal serta juga dijelaskan manfaat rempah seperti jahe, kunyit, kencur dan rempah dapur lainnya," jelas Ketua pengabdian Dr. dr. Syamsurizal, M. Si.

Kegiatan ini juga melibatkan mahasiswa dari Himpunan Mahasiswa Farmasi, sebagai upaya menumbuhkan kepedulian sejak duduk di bangku perkuliahan. Kegiatan ini juga menampilkan presentasi kosmetik aman oleh Adjeng Pratiwi Djatmiko yang merupakan mahasiswa Farmasi Unja, yang juga adalah Duta Kosmetik Terbaik 1 Provinsi Jambi.

Sementara, Jenang Suku Anak Dalam Rubiyanto mengungkapkan bahwa dirinya sangat mendukung kegiatan ini.

"Dan membantu menyediakan berbagai keperluan, baik itu tempat maupun mengkondisikan peserta kegiatan," tandas Rubiyanto

Tim pengabdian sangat berterima kasih atas dana PNBP yang telah diberikan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi, sehingga pengabdian ini dapat terlaksana dengan baik. Setelah pengadian dilaksanakan, juga dilakukan penandatangan kerjasama untuk menjadikan Suku Anak Dalam Desa Pelempang sebagai desa binaan Farmasi Universitas Jambi. (yos)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: