Survei Denny JA, Ganjar-Airlangga Kalahkan Anies - AHY dan Prabowo - Puan

Survei Denny JA, Ganjar-Airlangga Kalahkan Anies - AHY dan Prabowo - Puan

Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA melakukan simulasi capres - cawapres 2024. Hasilnya Ganjar-Airlangga unggul-LSI Denny JA-Twitter--

Ganjar – AH unggul di lima kantong besar pemilih. Yaitu kantong besar pemilih agama (Islam), kantong besar pemilih etnik (Jawa), kantong besar wong cilik (pendidikan), kantong besar wong cilik (pendapatan), dan kantong besar pemain medsos (Facebook).

"Pasangan Ganjar- AH dimungkinkan jika terjadi koalisi antara PDIP dan KIB (Golkar, PAN dan PPP). Koalisi ini potensial membentuk pemerintahan yang kuat," tuturnya.  

PDIP dan Golkar bukan saja  mewakili dua partai terbesar hasil pemilu terakhir 2019. Tapi koalisi ini juga mewakili dua segmen pemilih terbesar. Yaitu nasionalis (PDIP, Golkar) dan Islam (PAN, PPP).

Berdasarkan hasil simulasi tersebut, pemilih Ganjar – AH dari segmentasi pemilih partai unggul di pemilih PDIP, Golkar, PKB, dan PAN. 

Pemilih PDIP yang memilih Ganjar – AH berada di angka 59.9 persen. 

Pemilih Golkar yang memilih Ganjar – AH diangka 37,1 persen. Lalu pemilih PKB memilih Ganjar – AH di angka 21,7 persen. Selanjutnya, pemilih PAN yang memilih Ganjar – AH sebanyak 41,2 persen.

"Dari segmentasi pemilih Pilpres 2019, terlihat Ganjar - AH mendapat banyak dukungan dari pemilih Jokowi – Ma’ruf Amin. Angkanya sebesar 42,1 persen," tukasnya.

Data dan analisa tersebut berdasarkan survei secara nasional pada 11 – 20 September 2022. 

Survei nasional menggunakan 1.200 responden di 34 Provinsi di Indonesia. Wawancara berlangsung secara tatap muka. 

"Untuk Margin of Error survei kurang lebih 2,9 persen. Riset kualitatif dilakukan dengan analis media, Focus Group Discussion (FGD), dan indepth interview," tutupnya.

Seperti diketahui, ada tiga nama kuat dan selalu masuk dalam bursa yang bisa diusung menjadi calon presiden (Capres) 2024, Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto. 

Terbaru, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mendukung Ganjar Pranowo menjadi calon presiden 2024. 

Keputusan PSI dukung Ganjar dinilai akan memberikan dampak positif bagi partai yang dipimpin Giring Ganesha itu.

Hal tersebut disampaikan Direktur Eksekutif Center for Political Communication Studies (CPCS) Tri Okta. 

"Segala sesuatu masih sangat terbuka, apalagi tahapan pencapresan masih setahunan lagi. Jika Ganjar berhasil mendapatkan tiket capres dan menang dalam pilpres, keputusan mencapreskan Ganjar memberikan poin besar bagi PSI," kata Tri Okta, Jumat 7 Oktober 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: